Cara Jualan di TikTok Shop

Category : Umum

Pemasaran online merupakan salah satu teknik marketing yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet, misalnya melalui website, media sosial, iklan, blog, dan sebagainya. Manfaatnya pun banyak dirasakan oleh para pengusaha yang kreatif, mengingat saat ini pengguna sosmed, situs web, maupun aplikasi berbasis internet terus meningkat. Walau tampak mudah untuk dijalankan, namun dibutuhkan berbagai strategi khusus agar lebih efisien dalam melakukan pemasaran online ini.

Sarana untuk pemasaran atau jualan online kini semakin banyak. Saat ini, banyak yang jualan online menggunakan TikTok Shop. Dimana pada pertengahan tahun 2021, TikTok resmi meluncurkan fitur yang siap menyaingi Instagram dengan Shopnya, serta Facebook dengan fitur Marketplace. TikTok meluncurkan fitur TikTok Shop yang berkonsep social commerce untuk memudahkan para pengusaha online shop yang menggunakan media sosial ini sebagai tempat baru untuk melakukan promosi usahanya.

Lalu bagaimana cara mendaftar sebagai penjual / seller untuk jualan online melalui TikTok Shop?

Sebagai pengguna TikTok, anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan TikTok Shop. Beberapa produk yang dijual di TikTok Shop mungkin kadang muncul di halaman for your page (FYP) sebagai konten yang dipromosikan.

TikTok Shop adalah fitur unggulan yang memberikan solusi dua arah kepada para pengguna TikTok. Mereka yang ingin berjualan online bisa mendapatkan pelanggan dalam skala besar, di sisi lain calon pembeli bisa berbelanja dengan mudah dari aplikasi.

Nah, apabila Anda tertarik ingin mengumpulkan pundi-pundi cuan maka harus tahu dahulu cara jualan di TikTok Shop.

Cara Jualan di TikTok Shop

TikTok shop merupakan tempat untuk konsumen lokal untuk membeli beragam jenis barang sembari memberikan peluang mengiklankan bisnis, menarik pelanggan, dan memanfaatkan sumber daya sebagai kreator. Adapun cara untuk berjualan di TikTok Shop adalah:

  1. Buka laman https://seller-id.tiktok.com/account/welcome.
  2. Klik “Sign up with TikTok Account”.
  3. Selanjutnya klik “Sign Up” jika belum memiliki akun, atau lakukan Login dengan akun TikTok jika sebelumnya pernah memiliki akun.
  4. Pastikan akun TikTok kamu sudah menjadi akun bisnis, lalu lanjut ke tahap selanjutnya.
  5. Nanti akan muncul pop up dengan tulisan “become seller” lalu sign up pakai akun TikTok untuk membuka TikTok shop.
  6. Isi profil Tiktok Shop Seller Center sesuai keinginan, seperti nama toko hingga jenis bisnis yang dijalankan. Pastikan nama yang digunakan dapat dengan mudah diingat atau dicari oleh calon pembeli.
  7. Lakukan konfirmasi sehingga Tiktok Shop Seller Center bisa digunakan untuk berjualan.
  8. Setelah akun berhasil dibuat, login dengan akun TikTok yang telah dimiliki kemudian Klik “Authorize” untuk mengizinkan TikTok Shop mengakses akun TikTo.
  9. Selanjutnya lakukan verifikasi kode untuk lanjut berjualan di TikTok Sho.

Untuk mulai berjualan sebaiknya lakukan verifikasi dokumen terlebih dahulu dengan menekan tombol “Upload Documents” guna melakukan verifikasi.

Adapun untuk menambahkan produk yang akan dijual bisa klik menu “Add First Product” kemudian “add product” yang ada pada halaman Homepage.

Cara lain bisa dengan melakukan klik pada menu “Products”, kemudian tap “Add New product” untuk mulai menambahkan produk barang yang dijual.

Setelah itu, upload foto barang produk dan berikan deskripsi produk untuk memudahkan pelanggan kalian berbelanja. Kalian bisa mengupload hingga 9 foto. TikTok juga menyarankan untuk mengupload foto dengan rasio ukuran 1:1 Supaya gambar terlihat jelas.

Mau berbisnis di TikTok Shop? Siapkan Strateginya!

Buat Strategi Beriklan Konten di TikTok

TikTok merupakan salah satu platform yang fokus pada sharing konten video dengan durasi 15 detik sampai 3 menit.

Caranya kamu bisa membuat video produk, lalu bisa gunakan latar musik yang sedang hype atau viral.

Jika konten iklan anda menjadi viral atau banyak yang syka, TikTokers dapat memberikan komentar, like, sampai membagikan video tersebut ke platform sosial media lainnya.

Buat Konten yang Menarik

Tarik perhatian pengguna TikTok. Caranya dengan bikin konten TikTok yang menarik.

Pertama, cari dulu ide konten video sebagai strategi marketing TikTok, kamu bisa mencari ide dari content creator lainnya.

Atau dapat mengikuti tren yang lagi berkembang di TikTok.

Pada dasarnya mayoritas pebisnis online akan membuat video seputar product launching, tutorial, review, bahkan ada yang pakai hashtag challenge.

Buat Hashtag Saat Membuat Video

Bisa dibilang hashtag menjadi bagian dari informasi video sehingga jadi rujukan untuk diberikan rekomendasi video tersebut ke pengguna lain. Misalnya nih, kalau produk yang kamu jual merupakan produk untuk perawatan badan dapat menggunakan hashtag #bodyglowing atau #glowingchallenge.

Kamu juga bisa membuat hashtag sendiri sebagai campaign brand bisnis kamu untuk mempromosikan event atau promo yang sedang berlangsung.

Buat Posting Konten dengan Konsisten

Untuk meningkatkan brand awareness salah satu tipsnya yaitu kamu mesti konsisten memposting konten. Apabila konten kamu muncul di beranda pengguna maupun followers udah pasti mereka melihat video kamu. Ada kemungkinan mereka juga menyukai bahkan akan berkomentar terhadap konten yang dibuat dan semakin banyak orang yang menyukainya, video kamu bisa tampil di halaman fyp. Sehingga lebih banyak lagi yang akan melihat kontek iklan yang dibuat. Hal ini tentu akan menambah awareness pengguna TikTok lainnya terhadap brand kita.

Keywords : , , , , , , ,