UPI Selenggarakan Lomba Karya Tulis Artikel Populer

UPIBandung, UPI

Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan lomba karya tulis artikel populer bagi siswa dan mahasiswa Se-Indonesia bertema, “Membangun Komunikasi yang Beradab untuk Meningkatkan Solidaritas Kebangsaan. Pemenang Juara I akan mendapat hadiah Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah); Juara II mendapat hadiah Rp 2.000.000 (dua juta rupiah); dan Juara III          mendapat hadiah Rp 1.000.000 (satu juta rupiah).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Ridwan Effendi, M.Si. menjelaskan, pendaftaran lomba         dimulai 10 April – 13 Mei 2014;  Penjurian Lomba 15 Mei – 18 Mei 2014;  Pengumuman web 20 Mei – 22 Mei 2014; dan pengumuman juara 20-22 Mei 2014.

“Pemenang lomba akan dipanggil pada rangkaian acara Dies Natalies Departemen Ilmu Komunikasi antara tanggal 20-22  Mei 2014 di Auditorium Gedung FPIPS UPI Lantai 6,” kata Dr. Ridwan Effendi.

Pemenang lomba yang dipanggil, kata dia, secara otomatis akan menjadi juara I, juara II, dan juara III, sehingga pemenang lomba tidak akan mempresentasikan artikel populernya. “Seluruh keputusan Panitia dan Dewan Juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” ujarnya.

Diungkapkan, pPeserta lomba adalah siswa dan mahasiswa Se-Indonesia; Peserta lomba adalah perseorangan untuk siswa dan mahasiswa; Kriteria lomba adalah artikel popular, yakni: Artikel adalah hasil pemikiran sendiri, belum pernah dimuat dan dipublikasikan di media massa; Artikel menggunakan Bahasa Indonesia secara keseluruhan dengan Bahasa Indonesia Populer (artikel yang dibuat dan dikirim adalah artikel yang dapat dibaca oleh semua kalangan / publik); Artikel yang dibuat mengangkat topik yang populer (bukan topik terbatas untuk kalangan tertentu).

Menjelaskan tentang tata cara penulisan artikel popular, Ridwan mengungkapkan, artikel ditulis mengunakan huruf Times New Roman, dengan ukuran font 12, dan spasi 1,5; Jumlah halaman karya tulis artikel populer adalah antara 900-1000 karakter  di kertas A4 80 gram;      Artikel harus dikirim ke kedua alamat di bawah ini dalam bentuk soft file dan hard copy-nya. Artikel dalam bentuk soft file dikirim ke alamat email: ikom@upi.edu. dan dalam bentuk hard copy-nya artikel dikirim ke alamat kantor: Departemen Ilmu Komunikasi Gedung FPIPS UPI  Lantai 2 Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154.

“Artikel dikirim paling lambat 13 Mei 2014 Cap Pos dan diterima paling lambat 14 Mei 2014,” ujar Ridwan. (WAS)

Penjelasan lengkap bisa diunduh di:LOMBA ARTIKEL POPULER

~ dilihat : 485 kali ~