UPI Kampus Tasikmalaya: Semangat Berbagi di Idul Adha 1435 H

idul adha 3

Tasikmalaya, UPI

Keluarga besar UPI Kampus Tasikmalaya melaksanakan rangkaian ibadah Idul Adha di kampus. Sejak Sabtu (4/10) malam, mereka mengumandangkan takbir di Masjid At-Tarbiyah UPI Kampus Tasikmalaya. Kegiatan ini pun diikuti oleh beberapa masyarakat sekitar kampus hingga pelaksanaan salat Id dan pemotongan hewan kurban.

“Sejak tahun kemarin, salat Idul Fitri dan Idul Adha dilaksanakan di Masjid At-Tarbiyah. Sebelumnya kita melaksanakan di lapangan kampus. Meski demikian, tahun ini jumlah hewan kurban berkurang karena banyak dosen dan pegawai yang pensiun. Hewan kurban ini berasal dari keluarga besar UPI Kampus Tasikmalaya meliputi dosen, pegawai, dan pensiunan UPI. Mahasiswa pun ikut memberikan sedekah.” ujar Ketua DKM Masjid At-Tarbiyah UPI Kampus Tasikmalaya, Drs. H. Oyon Haki Pranata, M.Pd.

“Salat Id tadi pagi selaku khatib adalah Dr. Syarif Hidayat, M.Pd., MA. dari dosen PAI UPI Kampus Tasikmalaya. Sementara itu, yang menjadi imam adalah Ustad Nanang dari masyarakat. Alhamdulillah jamaah di masjid kita penuh, berasal dari masyarakat kampus, masyarakat sekitar kampus, dan mahasiswa.” ujar Kasi Akademik sekaligus anggota DKM Masjid At-Tarbiyah, Wahyudin, S.IP.

idul adha 2Dr. Syarif Hidayat, M.Pd., MA., dosen Pendidikan Agama Islam menyatakan, “Rencananya, daging kurban yang semuanya adalah daging sapi ini didistribusikan pada masyarakat kampus dan masyarakat sekitar lingkungan kampus. Tahun ini kami tidak menerima kurban kambing dan domba, karena banyak masyarakat yang kurang menyukainya. Sementara itu, sedekah yang panitia kurban terima dari mahasiswa sekitar dua juta rupiah. Insya Allah akan dialokasikan untuk membantu mahasiswa kami yang kurang mampu.”

Sekretaris UPI Kampus Tasikmalaya, Drs. Yusuf Suryana, M.Pd. menegaskan bahwa kegiatan rutin perayaan hari besar Islam ini merupakan bentuk pengabdian kampus kepada masyarakat sekitar. Khusus untuk Idul Adha ini, yang ditekankan adalah semangat berbagi kepada sesama. Apalagi di saat kondisi ekonomi dan sosial kita yang kurang kondusif untuk masyarakat kecil, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada masyarakat. Kegiatan semacam ini perlu didukung oleh seluruh masyarakat kampus, sehingga kontribusi pengabdian kampus ini menjadi semakin dirasakan manfaatnya oleh semua masyarakat, termasuk masyarakat kampus kita sendiri.

idul adha 1Direktur UPI Kampus Tasikmalaya, Prof. Dr. H. Cece Rakhmat, M.Pd. pun tahun ini seperti tahun-tahun sebelumnya ikut merayakan Idul Adha di UPI Kampus Tasikmalaya. Bahkan beliau mengundang mahasiswa untuk melakukan kegiatan di kampus sejak malam takbiran dalam rangka memeriahkan Idul Adha. Beliau pun salat Id di masjid kampus dan ikut memberikan hewan kurban untuk disembelih oleh panitia kurban dari kampus. “Rangkaian ibadah ini merupakan napak tilas kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail tentang pengorbanan, amal saleh, dan kecintaan mereka yang tertinggi kepada Allah Yang Maha Kuasa dibandingkan dengan cinta pada yang lainnya. Kemuliaan akan didapat jika semangat berkorban ini dipancarkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai muslim. Kita usahakan nilai-nilai luhur itu diwujudkan lebih nyata dalam sikap dan kontak sosial kita, bukan sekedar menjadi event tahunan dan ritual semata.” ujar guru besar kelahiran Jampangkulon ini. (Pidi Mohamad Setiadi)

~ dilihat : 267 kali ~