UPI Gelar Upacara Hardiknas di Stadion Sepak Bola

Bandung, UPIIsola

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menginstruksikan kepada seluruh civitas akademika UPI untuk mengikuti upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2014, yang dilaksanakan Jumat, 2 Mei 2014 mulai pukul 07.30 WIB, di Stadion Sepak Bola UPI Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan, Kemitraan dan Usaha Prof. Dr. H. Dadang Sunendar, M.Hum., mengatakan, ”Kegiatan tersebut merujuk pada Instruksi Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Nomor 3405/UN40/TU/2014, tanggal 23 April 2014, tentang Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2014 di lingkungan UPI, namun kegiatan yang semula akan digelar di Lapangan depan Gedung Gymnasium UPI dipindahkan lokasinya ke Stadion Sepak Bola UPI.”

Penyelenggaraan dan pemindahan lokasi upacara bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2014, juga merujuk pada surat yang diedarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0371/MPK.A/LL/2014 bahwa upacara dilaksanakan secara nasional pada Jumat (2/5/2014), waktu setempat di lapangan upacara terbuka. Adapun tema pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2014 adalah “Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul”, paparnya.

Seperti dilansir dari berita.upi.edu, Rektor UPI Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., mengatakan, upacara bendera tidak boleh dipandang sebagai kegiatan seremonial semata, tetapi merupakan suatu sarana komunikasi efektif untuk membangun kebersamaan diantara seluruh civitas di lingkungan UPI.

“Upacara merupakan sarana efektif untuk membangun kedisiplinan serta membangun komitmen. Kta masih perlu perbaikan dan melalui proses belajar untuk memastikan perbaikan tersebut,” kata Rektor.

Ketentuan upacara adalah (1) Pegawai Negeri Sipil memakai pakaian seragam PSH lengkap dengan atributnya; (2) Mahasiswa mengenakan jaket almamater; (3) Satmenwa mengenakan pakaian seragam Satmenwa; (4) Pramuka mengenakan pakaian seragam Pramuka; (5) Siswa SD, SMP, dan SMA mengenakan pakaian seragam upacara tingkatannya; (6) Dan Ikatan Ibu-ibu Keluarga UPI (IIK) mengenakan pakaian seragam IIK.

Dekan/Direktur SPs/Ketua Lembaga/Direktur Direktorat/Kepala Biro/Kepala Perpustakaan, diinstruksikan untuk menyampaikan instruksi ini kepada para mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi di lingkungan masing-masing.

Seluruh Unit Kerja/Fakultas di Lingkungan UPI supaya mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh mulai pukul 06.00 – 18.00 WIB. (Dodiangga)

~ dilihat : 316 kali ~