Universitas Indonesia Deklarasikan ILUNI UI UK Chapter

Foto bersama para alumni UI di Inggris, ruang Crutacala KBRI London

Foto bersama para alumni UI di Inggris, ruang Crutacala KBRI London

Bertempat di Ruang Crutacala Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London, pada Minggu (12/10/2014) telah dideklarasikan berdirinya Ikatan Alumni Universitas Indonesia di Inggris Raya (ILUNI UI UK Chapter). Acara yang berlangsung pada pukul 12.00 waktu setempat tersebut, sebelumnya diawali dengan silaturahim para alumni UI yang bermukiman di Inggris Raya. Pada acara ini hadir sebanyak 70 alumni UI dari berbagai kota di Inggris Raya seperti Cambridge, Oxford, Manchaster, Leeds, Birmingham, Nottingham dan London sebagai tuan rumah. Bahkan hadir pula sebagai tamu alumni UI dari negara sekitar Inggris yaitu dari Skotlandia. Para alumni ini mempunyai beragam profesi yang terdiri dari dosen, pegawai swasta, pegawai BUMN, diplomat dan para mahasiswa.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan UI-U.K. Partnership Programme yang diusung oleh Universitas Indonesia. Beberapa hari sebelumnya delegasi UI di bawah pimpinan Sekretaris Universitas Prof. Dr. Tommy Ilyas  melaksanakan kunjungan kerja ke beberapa universitas terkemuka di Inggris seperti University of Oxford, Imperial College London, University of Nottingham, London School of Economics and Political Sciences(LSE) dan University College of London (UCL) pada tanggal 7 s.d. 10 Oktober 2014. Selain Prof. Tommy turut mendampingi diantaranya adalah Direktur Hubungan Alumni UI Dr. Sandra Fikawati, Deputi Direktur Hubungan Alumni UI Erwin Nurdin, M.Si., Staf Khusus Direktorat Hubungan Alumni Ahmad Syafiq, Ph.D., serta Staf Khusus Pimpinan UI Jona Widhagdo Putri, M.A.

Dalam sambutannya di acara silaturahim alumni UI di Inggris ini Sekretaris Universitas (SU) UI Prof. Tommy Ilyas menekankan pentingnya peranan para alumni UI dalam pengembangan kampus. “Dengan berprestasinya para alumni UI tentu saja akan berpengaruh pada citra baik dari kampus UI. Para Alumni adalah agent of change yang diharapkan dapat memberikan kontribusi positif yang nyata sehingga UI dapat berlari kencang bersaing dengan berbagai universitas unggul di belahan dunia,” tutur Prof. Tommy.

Sementara pelaksana tugas (Plt.) Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Dino Kusnadi  sebagai tuan rumah acara menyambut inisiatif dari para alumni UI ini. “Kami membuka diri dan mendorong kegiatan positif masyarakat Indonesia seperti yang dilakukan para alumni UI karena pada dasarnya KBRI London adalah rumah dari masyarakat Indonesia disini,” tutur Dino.

Selain itu Direkur Hubungan Alumni Dr. Sandra Fikawati memaparkan mengenai Direktorat yang dipimpinnya serta pentingnya kontribusi dari para alumni UI terutama dalam melengkapi database informasi alumni UI dan memberikan mentoring bagi para alumni baru. Selain itu Erwin Nurdin juga menjelaskan mengenai telah terbentuknya Ikatan Alumni UI di luar negeri diantaranya di Amerika Serikat, Singapura dan Qatar yang diharapkan dapat mendorong terbentuknya ILUNI UI UK Chapter.

Setelah lulus dari kampus UI, para alumni the yellow jackets ini ternyata masih menaruh perhatian besar terhadap almamaternya, hal ini terlihat dari sesi tanya jawab antara alumni UI di Inggris dengan Prof. Tommy Ilyas dan Jona Widhagdo Putri yang berlangsung cukup lama dengan pertanyaan dan saran yang cukup beragam. Setelah diskusi dan sesi tanya jawab berakhir, maka dicapai kesepakatan secara kuorum dari para alumni UI di Inggris yang hadir pada hari itu untuk membentuk ILUNI UI UK Chapter. Secara resmi pembentukan ILUNI UI UK Chapter dideklarasikan bersama-sama oleh 70 alumni UI yang hadir secara penuh antusias. Bahkan sebelum acara santap siang bersama, para alumni UI tersebut dengan penuh semangat menyayikan bersama mars Genderang UI. Selain itu disepakati dibentuk formatur yang anggotanya terdiri dari Rizal Anwar Djaafara (Kepala Perwakilan Bank Indonesia untuk Eropa), Fadjar Tjahjanto (Sekretaris 1 bidang Politik, KBRI London), Vishnu Juwono (Dosen FISIP UI, Kandidat Doktor di LSE), Faldo Maldini (Ketua PPI UK, Mahasiswa Doktoral Imperial College London), Syahrul Hidayat (Honorary Fellow Exeter University, Dosen FISIP UI), Fadhilah Muslim (Dosen FTUI, Mahasiswa Doktoral Imperial College London) dan Alfan Prasekal (Mahasiswa Program Magister Imperial College London).

Tugas pertama dari para formatur ini adalah menampung aspirasi dari para alumni UI guna membentuk kepengurusan dari ILUNI UI UK Chapter yang lengkap dengan perangkat organisasi terdiri dari diantaranya Ketua, Sekretaris serta Bendahara dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Setelah kepengurusan lengkap nantinya secara resmi ILUNI UI UK Chapter terbentuk dengan diterbitkannya Surat Keputusan dari Ketua ILUNI UI.

Para alumni UI yang tersebar di seluruh belahan dunia merupakan kekuatan yang dapat mendorong perubahan baik di dunia akademik dan non-akademik. Diharapkan jaringan ILUNI UI ini akan memberikan kontribusi positif untuk almamater dan bagi masyarakat Indonesia. (JWP/Humas UI)

~ dilihat : 293 kali ~