UKM KOMPETITIF UPI Sabet Juara 2 dan The Best Team

ukm kompetitif balap 5

Bandung, UPI

Kerja keras Tim UKM Komunitas Penggemar Teknologi Otomotif  (KOMPETITIF) UPI akhirnya membuahkan hasil yang membanggakan pada kejuaraan lomba mobil hemat energi Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 yang berlangsung pada tanggal 15 s/d 17 November 2013 di Sirkuit Kenjeran Park, Surabaya, JawaTimur.

Lomba IEMC 2013 ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya setelah sebelumnya sukses dilaksanakan pada tahun 2012. Lomba IEMC yang menjadi agenda tahunan ini diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Kategori yang dilombakan di IEMC 2013 terdiri dari dua kategori, yaitu prototype dan urban concept yang masing-masing terbagi menjadi tiga kelas yaitu; Listrik, Diesel, dan Bensin. Maka total semua race yang dilombakan adalah enam kelas. Lomba ini diikuti 53 tim dari 30 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

ukm kompetitif balap 1Dalam IEMC 2013 ini Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengirimkan tiga tim dengan nama Bumi Siliwangi 1 pada kelas Prototype Bensin, Bumi Siliwangi 2 pada kelas Urban Concept Bensin, dan Bumi Siliwangi 3 pada kelas Prototype Listrik. Ini merupakan keikutsertaan yang pertama bagi tim UPI dalam lomba tahunan IEMC.

Dua dari tiga tim UPI yang ikut dalam ajang lomba IEMC 2013, berhasil meraih prestasi yang baik yaitu; Tim Bumi Siliwangi 1 meraih kategori Best Team (tim terbaik) dari semua tim dan kelas yang ada. Kemudian Tim Bumi Siliwangi 3 berhasil menjadi Runner Up (Juara 2) pada kategori kendaraan Prototype Listrik dengan perolehan 236,9837 Km/kWh berada sedikit di bawah Tim Arjuna Hore UI (Universitas Indonesia) yang memperoleh 252,4328 Km/kWh.

Tim dosen pembimbing tim Bumi Siliwangi adalah Dr. Wowo Sunaryo K., M.Pd., Sriyono, S.Pd., dan Ridwan Adam M. N., S.Pd., M.Pd. Wowo Sunaryo  menyampaikan bahwa, “ini baru awal, mudah – mudahan untuk selanjutnya keluar varian – varian baru untuk melengkapi unit yang ada, dan focus garapan untuk selanjutnya kita akan menitikberatkan pada 4 aspek yaitu; pertama pada efesiensi dan penggunaan bahan bakar terbaharukan yang ramah lingkungan, kedua estetika desain kendaraan, yang ketiga kekuatan kontruksi dengan bahan yang ringan, keempat terjaminnya keamanan, kenyamanan, serta keselamatan pengendara dan penumpang”.

ukm kompetitif balap 4Keikusertaan Tim Bumi Siliwangi UPI pada lomba IEMC 2013 ini merupakan ajang pengujian untuk mempersiapkan lomba yang lebih bergengsi lagi yaitu lomba rancang bangun kendaraan hemat energi tingkat dunia untuk zona Asia “Shell Eco Marathon Asia 2014” yang akan diselenggarakan di Manila, Filiphina, pada tanggal 06 – 09 Februari 2014. Salah satu tim kendaraan hemat energi UPI yaitu tim Bumi Siliwangi 1 telah lolos tahap seleksi bersama-sama dengan beberapa perguruan tinggi lain dari Indonesia mewakili Indonesia dalam lomba tingkat dunia. Tentunya untuk kesuksesan tim Bumi Siliwangi 1 ini diperlukan dukungan dari semua pihak terutama dukungan dari universitas.

Pada hari terakhir pelaksanaan IEMC 2013 sempat disaksikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh. Beliau juga menyempatkan diri untuk mengunjungi paddock Tim dari UPI dan berbincang – bincang mengenai unit mobil hemat energi UPI. ”Wah mobil kalian bagus – bagus, pada mulus – mulus” puji beliau.

ukm kompetitif balap 2UKM KOMPETITIF selaku UKM yang berfokus pada bidang teknologi otomotif senantiasa berusaha untuk melakukan inovasi – inovasi yang bertujuan agar para mahasiswa yang terlibat memiliki pengalaman berguna untuk masa depan. Semua ini tidak terlepas dari pihak lembaga yang membantu dan memfasilitasi agar semua kegiatan berjalan lancar. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan Rektor UPI Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd. yang diberitakan di Kabar UPI (13/10/2013) pada saat kegiatan EXPO FPTK UPI 2013, Rabu dan kamis (13-14/11/2013), di selasar Gedung FPTK “Mahasiswa berkewajiban untuk selalu berinovasi, lembaga mendorong dan memfasilitasi inovasi tersebut untuk menjadikan manusia sebagai manusia, manusia yang berpikir inofatif,” pungkasnya. (Adi)

Daftar Juara Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013

Best Design TIM CIKAL CAKRAWALA ITB

Best Video TIM SEMAR PROTO UGM

Best Team TIM BUMI SILIWANGI 1 UPI BANDUNG

Kelas Proto Diesel

Posisi 1 ITS TEAM 4  399,28 km/liter

Posisi 2 dinyatakan tidak ada juaranya dikarenakan belum ada tim lain yang mampu menyelesaikan race untuk kelas ini

Kelas Proto Bensin

Posisi 1 Tim NAKOELA HORE UI 1027,46 km/liter

Posisi 2 ITS TEAM 1 677,96 km/liter

Kelas Proto Listrik

Posisi 1 Tim ARJUNA HORE UI 252,43 km/kwh

Posisi 2 Tim BUMI SILIWANGI 3 UPI BANDUNG 236,98 km/kwh

Kelas Urban Diesel

Posisi 1 ITS TEAM 2 191,99 km/liter

Posisi 2 Tim SEMAR URBAN UGM 111,81 km/liter

Kelas  Urban Bensin

Posisi 1 Tim ITS TEAM 3 191,14 km/liter

Posisi 2 Tim Bengawan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) SOLO 135,89 km/liter

Kelas Urban Listrik

Posisi 1 Tim NOGOGENI ITS 100,10 km/kwh

Posisi 2 CIKAL CAKRAWALA EV ITB 69,20 km/kwh

~ dilihat : 539 kali ~