Tutorial: KKN, Dakwah, Ukhuwah dan Ibadah

spai 2Bandung, UPI

Tutorial UPI dalam satu minggu ini diwarnai dengan kegiatan yang cukup padat diakhir pekan, tentunya dengan menawarkan agenda yang syarat makna dan semangat untuk beribadah.                 Hari Jumat, 21 Maret 2014 terdapat dua agenda tutorial, yaitu Seminar Pendidikan Agama Islam Shine on Friday (SPAI Shine on Friday) yang mengusung tema cukup menarik yaitu KKN (Kuliah, Kerja, Nikah) dengan pembicara seorang motivator nasional Kemas Mahmud Al-Hanif. Tutorial SPAI ini rutin dilaksanakan pada hari Rabu dan Jumat pukul 16.00 WIB. Pada hari yang sama pun diadakan Pembinaan Tutor Lanjutan dengan pemateri yaitu Risma Aditiana, yang menjelaskan kaidah-kaidah dalam berdakwah (Qawaid Dakwah)

Pandu Hyangsewu, M. Ag. Sebagai salah satu dosen MKDU yang menjadi pemateri dalam  pembuka Kuliah Dhuha pada hari Sabtu, 22 Maret 2014. Mengutarakan dengan adanya dukungan dari pihak UPI yang mengusung Tutorial baik itu PAI maupun SPAI adalah sebagai usaha menanamkan rasa cinta mesjid dan sedikit demi sedikit memahamkan Islam kepada mahasiswa UPI sebagai warga kampus dalam mencakup aqidah, ibadah dan muamalah dalam Islam.

Pada pekanan ke-5, tema Shalat dan Amal Shalih berkesempatan juga disampaikan oleh Pak Pandu. Beliau menyampaikan beberapa permasalahan dalam shalat seperti perbedaan dalam gerakan shalat, apa itu definisi khusyu, memahamkan bagaimana pentingnya shalat tepat waktu serta hubungannya dengan shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar. Pak Pandu juga menjelaskan hendaknya kita menjadikan shalat sebagai kebutuhan, pertama mungkin karena terpaksa, kemudian menjadi terbiasa, setelah itu merasa terpanggil dan akhirnya menjadi kebutuhan. Shalat juga seharusnya berjamaah jika kita bisa (tidak ada halangan). Dalam adzan ada kalimat “Hayya alal falah” yang artinya mari meraih kemenangan. Jika enggan memenuhi panggilan adzan dengan berjamaah ke mesjid, tampaknya kejayaan dan kemenangan bagi umat Islam masih jauh.

spai 1Sama halnya dengan Pak Shindu Irwansyah, M.Ag. sebagai penyampai kedua dalam tema shalat dan amal shalih pada hari Minggu, 23 Maret 2014. Beliau mengutarakan bahwa amal shalih shalat merupakan amal yang dilakukan oleh Muslim. Berbeda dengan amal baik lainnya, jika amal baik mungkin saja dilakukan oleh semua manusia termasuk oleh non muslim namun berbeda dengan amal shalat yang hanya ada dalam agama Islam. Beliau juga menjelaskan bahwa manusia itu memiliki potensi diantaranya jasad, ruhani, akal, nafsu dan ciri orang yang beriman adalah bergetar hatinya jika mendengar nama Allah.

Selain kegiatan rutinan seperti Tutorial PAI, SPAI, Bintor. Tutorial UPI juga mempunyai program Binder (Bina Kader) yang rutin dilaksanakan pada hari Minggu. Dengan pemateri yang sama dengan pemateri SPAI shine on Friday yaitu Ust. Kemas Mahmud Al-Hanif, pekanan Binder kali ini mengusung tema Ukhuwah Islamiyah. Ust. Kemas menjelaskan arti ukhuwah dan Islamiyah. Ukhuwah sendiri merupakan persaudaraan dan Islamiyah ialah nilai-nilai Islam. Jadi, ukhuwah Islamiyah adalah persaudaraan yang tidak biasa, yaitu yang dipenuhi oleh nilai-nilai Islam. Kebersamaan yang kekal adalah kebersamaan yang disandarkan kepada Allah dan akan mengantarka kita kepada kebahagiaan dunia dan akhirat. Rasulullah SAW sendiri dalam membangun kedekatan dengan para sahabat ialah dengan mengingat nama dan tidak memberikan gelar yang buruk. (Tutorial PAI-SPAI MKDU UPI 2014)

~ dilihat : 399 kali ~