Syirojuddin Zikri Terpilih Sebagai Ketua Umum Harian Tutorial PAI-SPAI Periode 2014

zikri

Bandung, UPI

Di bawah naungan kubah masjid ITC Al-Furqon UPI yang indah, sabtu dan ahad (18 dan 19/01/2014) lalu, Pengurus harian Tutorial PAI-SPAI MKDU UPI telah melaksanakan Evaluasi Kubro dan Musyawarah pemilihan ketua umum harian baru Tutorial PAI-SPAI periode amanah tahun 2014.

Pada hari Sabtu (18/01/2014) dilaksanakan agenda evaluasi kubro dalam rangka mengevaluasi seluruh kinerja pengurus Tutorial dan program-program yang telah dilaksanakan selama satu semester kebelakang, Evaluasi kubro ini bertajuk, “Tutorial? Amanahku, Amanahmu dan Amanah kita semua”. Dihadiri oleh sekitar 50 orang peserta, diantaranya ada 30 orang pengurus tetap, 15 orang pengurus mula dan  5 orang Dewan Pertimbangan Tutorial 2013 sebagai pendamping dan pengawas agenda tersebut. Acara diisi oleh penyampaian laporan pertanggungjawaban oleh Robi Hikmat sebagai ketua umum harian Tutorial periode 2013. Dan dilanjutkan dengan sesi penyampian kritik dan saran oleh seluruh pengurus yang hadir dalam rangka mengevaluasi dan mengoptimalisasi fungsi dan peran Tutorial PAI-SPAI.

Selanjutnya pada Ahad (19/01/2014) dilaksanakan musyawarah pemilihian ketua umum harian Tutorial periode 2014 dengan diawali Uji Kandidiat Calon Ketua Umum Tutorial. Dalam uji kandidat ini, terdapat tiga orang calon, yaitu Dede Abdul Fatah (Pendidikan Bahasa Daerah 2011), Rizka Rudiansyah (Ilmu Pendidikan Agama Islam 2012) dan Syirojudddin Zikri (Pendidikan Tehnik Mesin 2011). Ketiga calon ini diuji dengan tiga tema besar; Pengetahuan dan Pengaplikasian keislamannya, Pengetahuan Ke-Tutorialannya, serta Pengetahuan Umum dan Studi Kasus. Mereka diuji oleh tiga orang panelis, berasal dari alumni sekaligus pengurus Dewan Pertimbangan Tutorial 2013. Selain itu, semua pengurus yang hadir juga diberi kesempatan bertanya dan menguji ketiga calon.

Hal ini merupakan langkah baru dalam sebagai rangkaian pemulihan ketua harian Tutorial, dengan tujuan agar saat musyawarah pemilihan ketua umum Tutorial yang baru, para pengurus Tutorial bisa lebih bijak dan yakin terhadap pilihannya.

Setelah Uji Kandidat selesai, acara dilanjutkan dengan musyawarah pemilihan Ketua Umum Harian Tutorial yang baru. Melalui proses musyawarah yang cukup lama dan penuh hikmat, akhirnya terpilihlah Syirojuddin Zikri sebagai Ketua Umum Harian baru Tutorial PAI-SPAI periode 2014.

Syirojuddin Zikri yang lebih akrab dipanggil Zikri merupakan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Tehnik Mesin 2011. Ia berasal dari OKU Selatan, Palembang Sumatera Selatan. Di UPI ia masuk pada tahun 2011 melalui jalur beasiswa kemitraan daerah. Pengalaman pendidikannya dimulai dari SDN Tanjung Setia Tahun 2005, SMPN 2 Banding Agung Tahun 2008 dan SMK Muhammadiyah 1 Simpang Sender Tahun 2011. Prestasi yang pernah diraih diantaranya; peringkat 1 umum kelulusan di SMK, juara 3 lomba Accaunting Smart se-kabupaten Muara Dua, Juara 3 tenis Meja antar SMK se-kabupaten Muara Dua.

Adapun pengalaman berorganisasinya, dimulai Zikri dari Sekolah Dasar sebagai ketua kelas sejak duduk di bangku kelas 4 sampai kelas 3 di SMK, menjadi anggota Pramuka dan pernah mengikuti jambore tingkat provinsi di Muara Dua, Sumatera Selatan. Kemudian ia juga dipercaya menjadi wakil ketua OSIS di SMP, wakil ketua OSIS di SMK dan anggota koperasi sekolah di SMK. Sedangkan di Tutorial PAI-SPAI ia mengawali perjuangannya dibidang Tutorial Reguler sebagai pengurus mula biro peserta dan terakhir sebagai ketua biro peserta hingga akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Harian Tutorial PAI-SPAI 2014 pada musyawarah pemilihan ketua umum Tutorial beberapa waktu lalu.

Visinya sebagai ketua umum harian Tutorial PAI-SPAI ialah “Sinergitas dan Melayani”. Dengan misi, (1) Mengokohkan kerja sama dan jalinan kekeluargaan yang baik antar pengurus harian Tutorial (2) Membangun kerja sama positif antara pengurus harian Tutorial dengan lembaga-lembaga UPI terkait, seperti Penyelenggara Tutorial, dosen-dosen MKDU, DKM Al-Furqon, Pengurus Tutorial UPI Kampus daerah, Dewan Pertimbangan Tutorial, HMJ dan Ormawa. (3) Memperbaiki dan meningkatkan pelayanan terhadap peserta Tutorial, baik Tutorial PAI maupun Tutorial SPAI.

Di samping itu, ia ingin meningkatkan kualitas sumber daya pengurus dengan memberikan sarana belajar yang sesuai kebutuhan, minat, bakat serta potensi yang dimiliki pengurus Tutorial dalam rangka mengoptimalisasi peran Tutorial PAI-SPAI serta yang pokok yaitu berupaya meningkatkan kualitas dan kinerja Tutor.

Zikri juga akan berupaya membangun komunikasi yang lebih baik dengan lembaga dakwah kampus di UPI maupun kampus-kampus lain yang tergabung dalam badan mentoring nasional sebagai upaya membumikan Tutorial sebagai lembaga dakwah kampus yang efektif yang terintegrasi dengan mata kuliah sebagai upaya mewujudkan kampus yang religius. (Sigit Bayu Anggoro, Ketua Umum Harian Tutorial 2012)