Sofihara Al Hazmy Raih Third Prize pada The International Mathematics Competition

1Bulgaria, UPI

Sofihara Al Hazmy mahasiswa dari Program Studi Matematika menorehkan prestasi dengan meraih third prize atau setara dengan medali perunggu pada ajang IMC yang diselenggarakan 29 Juli s.d. 4 Agustus 2014 di Blageovgrad, Bulgaria. Sofihara merupakan salah satu mahasiswa yang berhasil lolos dari seleksi nasional yang sebelumnya diselenggarakan Direktorat Belmawa, Dirjen Dikti.

Enam peserta lainnya yang turut  memperkuat tim Indonesia juga mendapatkan penghargaan, berturut-turut first prize diraih oleh  Moh. Yasya Bahrul Ulum (ITS), second prize oleh Yoshua Yonatan Hamonangan (UI) dan Pramudya Ananto (UGM), third prize oleh  Taufiq Akbari Utomo (ITB) dan Sofihara Al Hazmy, serta honorable mention oleh  Dian Sito Rukmi (ITB) dan Muhammad Ardiyansyah (UGM).

Tim didampingi oleh dua orang dosen PT  yaitu Ahmad Muchlis (ITB) dan Siti Fatimah (UPI) yang juga terlibat dalam penjurian kompetisi tersebut. Perolehan first prize merupakan capaian kedua  bagi tim Indosesia setelah yang pertamakali diraih oleh Albert Gunawan dari UGM pada tahun 2011.

Pada tahun 2013, Sofihara Al Hazmy lolos seleksi nasional dan berangkat ke Bulgaria untuk memperkuat tim Indonesia dengan perolehan sertificate. Pada tahun ini Hazmy melakukan loncatan besar dengan meraih third prize. Merupakan prestasi luar biasa untuk mahasiswa UPI, mengingat ajang ini diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi besar di dunia. IMC pada tahun ini diikuti oleh 324 orang peserta.

Tercatat universitas yang terlibat diantaranya  University of Amsterdam, Tel aviv University, Wilhelms-Universität Bonn, University of Göttingen, Moscow Institute of Physics and Technology, Universidad Complutense de Madrid,  University of Helsinki, Warsaw University, Charles University dari Prague, Yale University, Newcastle University, University of Barcelona, Sharif University of Technology dari Iran, Universidade de São Paulo, University College London, Sofia University-Bulgaria,  Universidad Nacional Autónoma de México, Nanyang Technological University, dsb.

Penyelenggaraan IMC ke 21 bertempat di American University in Bulgaria (AUBG). Kompetisi dilaksanakan melalui tes tertulis meliputi bidang Analisis, Aljabar, Kombinatorika, dan Geometri. Adapun tes di selenggarakan dua hari berturut-turut dengan waktu 5 jam setiap harinya. Peserta dituntut memiliki kemampuan pemecahan masalah untuk soal-soal non-rutin. Adapun Penghargaan yang diberikan pada kompetisi ini terdiri dari  first prize, second prize, third prize, honorable mention, dan sertificate.

Selain penghargaan individual, kompetisi ini juga memberikan penghargaan untuk tim  berdasarkan jumlah skor tertinggi dari 4 anggota tim.   Skor tertinggi individu  sekaligus mendapatkan grand prize diraih oleh peserta dari Tel Aviv University, sedangkan tim dengan capaian nilai tertinggi diraih oleh tim nasional Israel.

Tim Indonesia berkesempatan memenuhi undangan KBRI di Sofia setelah selesai melaksanakan tes. Saat itu tim diterima dan dijamu oleh  Duta Besar RI yang pada kesempatan itu memberikan  sertifikat kepada semua anggota tim. Demikian pula saat kembali, tim disambut secara meriah oleh wartawan dan perwakilan dari  Ditjen Dikti di bandara internasional Sukarno-Hatta. (WAS)

~ dilihat : 333 kali ~