SEE EXPO

Bandung, UPI

Memaknai pembelajaran berwawasankan lingkungan merupakan salah satu program pendidikan bagi generasi penerus bangsa yang harus diperkokoh dengan kepeduian nyata. Karakter dan sikap ilmiah melengkapi aspek kognitif.

Demikian terungkap dalam kegiatan SEE EXPO yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan IPS Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia (PIPS SPs UPI) di Gedung Achmad Sanusi UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Rabu (17/9/2014).

Dikatakan Ketua Pelaksana Suhartono,”SEE EXPO diseleranggarakan dengan alasan sebagai bentuk tanggung jawab untuk mendidik dan memandu generasi muda dalam rangka mewujudkan generasi emas 2045, karena itu tema yang diusung adalah “The Social Studies Contribution to Reach Periodic Environmental Education into Stunning Generation 2045, jadi ini merupakan kontribusi mahasiswa Pendidikan IPS SPs UPI untuk mencetak generasi emas”.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 17 hingga 18 September 2014, terdiri dari ECO School Workshop menghadirkan praktisi pendidikan UPI Prof. Dr. Enok Maryani, MS., Primayunta dari WWF, Kepala Bidang Komunitas Pendidikan Lingkungan, KLH RI Dra. Likusumastuti, M.Si., Kepala Sekolah SMAN 2 Tangerang Selatan Dr. Eneng Nurhemah, M.Pd, dan Supriyono dari BPLHD Provinsi Jawa Barat.

Dijelaskan,”SEE EXPO juga menyelenggarakan Social Science Olimpiade tingkat SMA dan International Conference. Coordinator Center For Research And Knowledge Exchange Universitas Siswa Bangsa International/Putra Sampoerna Foundation Kenneth Moore didampingi Dr. Stien Matakupan hadir sebagai pembicara dalam seminar, juga praktisi pendidikan UPI Dr. Nana Supriatna, M.Ed., dan 38 orang pemakalah, serta guest speakers yaitu duta lingkungan miss earth 2013 dan putri muslimah 2013 Vitri Dwi Martini.”

Ketua Prodi Pendidikan IPS Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.A., M.Pd., mengatakan,”Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda, kali ini tentang lingkungan hidup. Kegiatan ini merupakan sebuah tanggung jawab dari para pendidik dan juga merupakan bagian dari partisipasi Prodi Pendidikan IPS yang ingin membantu meningkatkan kesadaran berlingkungan hidup pada siswa sekolah menengah.

“EXPO ini merupakan bagian dari kegiatan akademik sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa sebagai kontribusi terhadap ilmunya, juga merupakan ESD atau education sustainable development atau pembangunan pendidikan berkelanjutan”, pungkasnya.

SEE EXPO menghadirkan stand program eco school dan penampilan marching band konser Gita Cantika MTsN Tangerang ll Pamulang, seni angklung dan perkusi SMAN 4 Cimahi dan musik klasik BPK Penabur Holis Bandung. (Dodiangga)

~ dilihat : 235 kali ~