Sarahsehan dan Temu Ilmiah Jurusan Bahasa Daerah FPBS UPI dan UN Yogyakarta

Bandung, UPI

Bumi Siliwangi/16/10/14. Hari ini JPBD FPBS UPI dan JPBD BAHASA JAWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA bersilaturahmi dalam tajuk Saresehan dan pTemu Ilmiah di Auditorium B Gd. FPBS Lt. 2. Dalam silaturahmi akademik tersebut JPBD UPI menerima 126 mahasiswa dan 5 dosen dari Prodi Bahasa Jawa UNY.

sarahsehan bs sunda1Silaturahmi akademik tersebut merupakan bentuk pelaksanaan dari MOU antara kedua belah pihak. Acara dibuka dengan sambutan Dr. H. Dingding Haerudin, M.Pd. Kaprodi JPBD UPI dan dilanjutkan oleh Dr. H. Suwardi Endraswara, M.Hum. Yang juga Kaprodi JPBD UNY.

sarahsehan bs sunda4Selain temu Ilmiah yang menampilkan presentasi karya Ilmiah yang dipanelkan oleh mahasiswa JPBD UPI dan mahasiswa JPBD UNY, juga ditampilkan kesenian daerah oleh para mahasiswa dari kedua universitas. Mahasiswa dari dua Universitas tersebut mempresentasikan karya ilmiahnya dalam tema “Upacara Adat Perkawinan Sunda dan Jawa “. Tema tersebut sengaja dipilih mengingat adanya kesamaan secara budaya dan mengeksplor perbedaan di antara ritual keduanya. Kesenian yang ditampilkan adalah tarian, mahasiswa JPBD UNY menampilkan tari Soreng yang mencitrakan kekuatan warok dan merupakan tarian rakyatang dikreasi, sedangkan mahasiswa JPBD UPI menampilkan tari kreasi Mojang Priangan.

sarahsehan bs sundaSilaturahmi akademik ditutup dengan jalan-jalan seputar UPI dan berfoto bersama di depan Gedung Isola. (Chye Retty Isnendes)

~ dilihat : 212 kali ~