Rumah Pintar Bu Een Mulai Beroperasi

Bandung,UPI.

Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Digital Rumah Pintar (Rumpin) Al-Barokah, resmi memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat umum, setelah Bupati Kabupaten Sumedang H. Ade Irawan, M.Si., yang diwakili oleh Kadisdik Kab. Sumedang Drs. H. Eem Hendrawan, M.M.Pd., meresmikannya, Rabu (22/10/2014), di Dusun Batukarut, Desa Cibeureum Wetan, Kec. Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

PKBM Digital ini melengkapi sentra-sentra pendidikan yang sudah ada, diantaranya sentra bermain, sentra ICT, sentra kriya, sentra majelis ta’lim, dan sentra panggung. Setiap sentra memiliki penanggung jawab, pengelola, tutor, dan warga belajar.4

Direktur SEAMOLEC (South East Asia Minister Education Open Learning Centre) Dr. Gatot Hari Priowirjanto mengatakan,”PKBM digital hadir atas inisisasi Jurusan/Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI untuk membantu mengembangkan Rumah Pintar dalam bidang pendidikan pendidikan formal dan non formal, terutama dalam bidang IT, sesuai petunjuk dari Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan semua informasi akan dihubungkan dengan rumpinalbarokah.blogspot.com .”

Sementara itu Een Sukaesih mengatakan, kami dari Rumah Pintar Al-Barokah sangat bersyukur atas kerjasama dari para akademisi dan praktisi pendidikan, salah satunya Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP UPI dan Program Studi Pendidikan Teknik Arsitektur FPTK UPI, Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang, serta SEAMOLEC.

“Sudah banyak bantuan yang diberikan beliau-beliau dalam bentuk pengembangan sumber daya manusia, dan melalui PKBM digital semoga semakin memperkaya kami dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan, sehingga melek terhadap kemajuan tekhnologi dan informasi,” ujarnya.5

Dalam kesempatan tersebut Tutor Sentra Bermain Rosi mengatakan, keberadaan PKBM digital sangat membantu sehingga dapat menambah pengetahuan, menambah jumlah anak untuk belajar. Kita ingin menonjolkan bidang ipteknya, selain sentra bermain, seni seni dan panggung, sentra buku, sentra tata boga.

Demikian juga sepeti yang dikatakan oleh Kepala UPTD Pendidikan Kec. Cimalaka M. Usep Sudrajat,”Kami dari UPTD Pendidikan Kecamatan Cimalaka sangat menyambut baik keberadaan sentra PKBM Digital ini untuk kemajuan suatu daerah, hal ini dilihat dari penguasaan dan penggunaan teknologi oleh semua elemen masyarakat yang memanfaatkannya, dan tentunya ini akan mempermudah masyarakat untuk memperoleh pengetahuan.” (Dodiangga)

~ dilihat : 272 kali ~