Rektor UPI : Soal Ujian Nasional Tidak Akan Bocor

2

Bandung, UPI

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2014 di Provinsi Jawa Barat dimulai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, serta pendistribusian soal UN hingga ke tingkat satuan pendidikan berjalan sesuai dengan jadwal, ujar Rektor UPI saat memberikan Konferensi pers UN 2014, Senin 14 April 2014 di Ruang Teleconrefence Gedung University Centre Kampus UPI jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Menurut Rektor UPI bahwa selama penyelenggaran UN di hari pertama pada umumnya berlangsung dengan baik meskipun terdapat beberapa laporan mengenai kekurangan lembar jawaban ujian nasional yang ada pada amplop. Namun hal tersebut dapat teratasi dengan cepat.

Selama pemantauan yang kami lakukan dibeberapa sekolah telah terpantau bahwa ruang kelas aman dari alat komunikasi, hal ini kita pastikan bahwa tidak ada kecurang yang dapat dilakukan oleh peserta UN, tambah Rektor.

“Pelaksanaan di hari pertama berjalan lancar dan tertib namun masih ada masalah di lapangan, tetapi hambatan tersebut dapat diselesaikan dengan baik oleh  panitia maupun pengawas pada satuan pendidikan,” ungkap Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd selaku Penanggung jawab pengawasan UN 2014 Provinsi Jawa Barat

“Bagi soal dan LJUN yang kurang, bisa di fotocopy. Tapi harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan dan dengan pengawasan yang ketat, kemudian harus dipastikan bahwa tempat fotocopy soal ujian harus steril dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Tindakan ini dilakukan agar siswa tidak menjadi korban,” tegas Prof. Sunaryo.

Dijelaskan Rektor UPI, untuk distribusi soal di provinsi Jawa Barat tidak mengalami keterlambatan soal, sehingga pelaksanaan ujian nasional sesuai jadwal dengan yang sudah ditentukan oleh Kemdikbud. sehingga pada pelaksanaan hari ini terpantau lancar, dan besok juga diharapkan tidak ada keterlambatan distribusi soal.

1Dalam pelaksanaan UN 2014 ini, ia berharap penyelenggaraan ini secara manajemen dan subtansi lebih berkualitas dari tahun kemarin.

Ia menghibau kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan, ia menyakini bahwa soal ujian nasional tidak akan bocor.

Sementara itu, menurut Dr. Uyu Wahyudin, M.Pd selaku ketua pelaksana UN 2014 Provinsi Jawa Barat pada pelaksanaan UN tahun ini, jumlah peserta di provinsi Jawa Barat berjumlah 472.951 peserta SMA/MA, SMK/MAK, paket C dan paket C Kejuruan.

“Tahun ini mengalami peningkatan peserta, karena ada penambahan peserta dari UNPK. Sedangkan  untuk jadwal pelaksanaan ujian UNPK dilaksanakan di hari yang sama namun pada jam yang berbeda. Sedangkan bagi peserta UN susulan akan dilakukan pada minggu depan, begitu juga dengan soal ujian bagi peserta UN susulan telah disiapkan oleh panitia” tambah Dr. Uyu Wahyudin.

Menurut Uyu, UPI bersama Perguruan tinggi mitra dan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar akan terus mengawal proses pelaksanaan UN, dimulai dari distribusi soal sampai proses pemindaian. (Deny)

~ dilihat : 399 kali ~