Rektor UPI Lakukan Reposisi Jabatan

WR3

Bandung, UPI

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 163/M Tahun 2013 tanggal 31 Desember 2013, Prof. H. Furqon, MA., Ph.D., telah resmi diangkat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan secara khusus Rektor UPI mengucapkan selamat dan terima kasih pada atas dedikasinya selama ini terhadap UPI.

Diberhentikannya Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional UPI Prof. H. Furqon, MA., Ph.D., masa bakti 2010-2015 berdampak pada tugas dan fungsi yang ditinggalkan, oleh karena itu Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., Senin (17/3/2014) di Gedung Achmad Sanusi, kampus UPI Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, melakukan reposisi jabatan Wakil Rektor UPI masa bakti 2010-2015 untuk mendistribusikan tugas dan fungsinya tersebut kepada Pembantu Rektor yang ada.

“Berdasarkan ketentuan hukum pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Statuta UPI, dimana dalam Bab X pasal 67, ayat 1 dan 2 menyatakan bahwa semua unit organisasi UPI dan pejabat unit organisasi UPI yang telah ada sebelum PP ini berlaku tetap menjalankan fungsinya hingga terbentuknya organisasi baru atau habis masa jabatannya berdasarkan PP yang berlaku sepanjang tidak bertentangan. Reposisi dilakukan untuk mendukung kegiatan tata kelola ke arah yang lebih baik,” ujar Rektor.

Dijelaskan Rektor,”PP RI No. 15 Tahun 2014 menyatakan per 28 Februari 2014 UPI telah sah menyandang status PTN BH dan berdasarkan PP tersebut berdampak pada perubahan mindset dan tata kelola sehingga perlu adanya penataan tugas dan fungsi yang akan memberikan warna baru. Atas dasar itu pula penyebutan Pembantu Rektor dirubah menjadi Wakil Rektor, sehingga perlu dilakukan reposisi jabatan Wakil Rektor dimaksud. Penyesuaian diharapkan tidak membutuhkan waktu yang lama karena sudah dilakukan dalam kegiatan keseharian.”

WR4Reposisi jabatan Wakil Rektor UPI yang dimaksud adalah dengan mengangkat Prof. Dr. H. E. Aminudin Azis, MA., sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan, dan Hubungan Internasional, dengan tugas pokok dan fungsi penyusunan kebijakan operasional, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian yang terkait dengan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan penjaminan mutu, pengembangan organisasi dan hal yang tercakupnya serta melakukan kemitraan internasional.

Kemudian Prof. Dr. H. Idrus Affandi, M.Pd., diangkat sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Keuangan, dan Administrasi Umum, dengan tugas pokok dan fungsinya melakukan optimalisasi peran, fasilitasi, dan dukungan teknis administratif terhadap penyelenggaraan tugas  dan fungsi institusi secara umum, daya dukung sistem hukum, keuangan, kesekretariatan sistem dan teknologi informasi, sarana dan prasarana, kesejahteraan, dan pengembangan sumber daya manusia serta pembinaan kehidupan kampus secara fisik, sosial budaya dan religius.

Serta Prof. Dr. H. Dadang Sunendar, M.Hum., yang sebelumnya menjabat Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kemitraan, kini mengemban tugas sebagai Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan, Kemitraan dan Usaha dengan tugas dan fungsinya sebagai perencana program tahunan, pengembangan potensi mahasiswa, pengembangan kemitraan dengan lembaga di dalam negeri, serta pengembangan kemitraan dan optimalisasi peran alumni untuk mengembangkan institusi, hubungan masyarakat, dan informasi publik serta semua hal yang terkait di dalamnya. (Dodiangga)

~ dilihat : 1302 kali ~