Prodi Linguistik SPs UPI dan MLI Cabang UPI Gelar Diskusi Mingguan

Program Studi Linguistik SPs UPI bekerja sama dengan Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) cabang UPI kembali menggelar diskusi mingguan pada Kamis (13/3/2014) di gedung SPs lantai 5, ruang 98. Dalam acara rutin tersebut dibahas topik “Information Structure in the Sundanese”. Topik tersebut disajikan oleh Ripan Hermawan, S.Pd., M.A.

Dalam paparannya, salah seorang dosen muda di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, FPBS, UPI ini menyampaikan bahwa penutur Sunda memiliki sarana kebahasaan yang khas untuk mengemas struktur informasi yang akan disampaikannya kepada mitra tutur. Di antara sekian banyak sarana kebahasaan yang khas itu ada partikel mah dan teh yang tak pernah luput dalam tuturan orang Sunda. “Biasanya partikel mah digunakan untuk mengontraskan dua hal, sedangkan partikel teh digunakan untuk menunjukkan penegasan,” ujar alumni The University of Manchester itu.

Secara tipologis, pemanfaatan sarana kebahasaan seperti mah dan teh dalam bahasa Sunda memiliki kemiripan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris karena ketiga bahasa tersebut banyak memanfaatkan sarana kebahasaan yang bersifat segmental, yaitu butir leksikon (lexicon) dan urutan kata (word order), dalam mengemas struktur informasinya. Ini tentu saja berbeda dengan bahasa Mandarin, misalnya, yang lebih dominan memanfaatkan sarana kebahasaan yang bersifat suprasegmental, yaitu unsur prosodi (prosodic features).

Semua sarana kebahasaan, baik butir leksikon (lexicon), urutan kata (word order), maupun unsur prosodi (prosodic features), memang ada dalam setiap bahasa di dunia ini. Namun, setiap bahasa memiliki dimensi yang khas dalam mengemas ketiganya. Bila butir leksikon (lexicon) dan urutan kata (word order) dipilih sebagai sarana kebahasaan yang utama, unsur prosodi (prosodic features) tidak terlalu penting dalam bahasa tersebut. Begitu pun sebaliknya. Ketiganya dikelola secara fungsional dalam setiap sistem bahasa sehingga tidak pernah ada tumpang tindih di antara ketiganya. Luar biasa!

Diskusi Mingguan Prodi Linguistik SPs UPI & MLI Cabang UPI

Diskusi Mingguan Prodi Linguistik SPs UPI & MLI Cabang UPI

Ripan Hermawan, S.Pd., M.A.

Ripan Hermawan, S.Pd., M.A.

~ dilihat : 352 kali ~