Pramuka UPI Kampus Cibiru Mengadakan Lomba Galang Terampil 2013 Se-Jawa Barat

cibiru1Cibiru,UPI

Beberapa hari yang lalu Racana Kelana Bayu dan Purbasari mengadakan kegiatan Lomba Galang Terampil 2013 se-Jawa Barat. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu tanggal 15 Desember 2013 yang bertempat di UPI Kampus Cibiru. Lomba Galang Terampil atau yang biasa disingkat LGT ini merupakan event yang diadakan kedua kalinya, dimana sebelumnya Racana Kelana Bayu dan Purbasari sudah mengadakan lomba yang sejenis pada tahun 2011. Menurut ketua pelaksana, kak Aris Mustaqim, lomba ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan Pramuka tingkat SMP yang telah mendapatkan bimbingan.

cibiru2“Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Racana. Ini dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan anggota Pramuka Penggalang tingkat SMP yang telah mendapatkan pendidikan dan bimbingan yang diperolehnya di Gugus Depan masing-masing, khususnya Kepramukaan”, jelasnya.

Lomba ini di ikuti oleh 19 regu yang berasal dari beragam pangkalan se-Jawa barat. Mereka bertemu untuk menunjukkan scouting skill masing-masing dan memperebutkan berbagai macam tropi. Empat mata lomba yang mereka ikuti diantaranya Koloni tongkat, cerdas tangkas, knotting dan IT.

Berbeda dengan sebelumnya dimana peserta merupakan anggota Pramuka Penggalang tingkat SD, kali ini peserta lomba merupakan anggota Pramuka Penggalang tingkat SMP/MTs.

cibiru3“Untuk tahun ini kami sengaja menyelenggarakannya untuk Pramuka Penggalang SMP karena kami melihat rendahnya minat Pramuka di tingkat SMP, yang mungkin disebabkan banyaknya pilihan ekstrakurikuler lain yang dianggap lebih keren oleh remaja. Jadi kami ingin memberikan stimulus agar semangat Pramuka yang sudah ditanam sebelumnya di SD tidak padam di tingkat SMP”, terang kak Endang selaku ketua Racana Purbasari.

Kak Aris Mustaqim selaku ketua pelaksana berharap melalui kegiatan ini dapat menciptakan kader penerus bangsa yang berkualitas, semakin baik, kompak dan loyal dalam mengabdi kepada bangsa. (Emiela)cibiru4

~ dilihat : 334 kali ~