Potensi Desa Cikole, Jayagiri, dan Cikidang sebagai Desa Wisata Berbasis Ekonomi Kreatif

annaBandung, UPI

Pada kegiatan ini, Prodi MRL mengundang Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat (Disparbud KBB) yaitu Bapak Drs. Asep Ilyas M.Si beserta beberapa Jajarannya (Kabid. Promosi, Kebudayaan, dan Atraksi) dalam rangka penyajian hasil penelitian mengenai identifikasi potensi wisata di Desa Cikole, Desa Cikidang, dan Desa Jayagiri yang sama-sama terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Dalam kegiatan ini dipaparkan mengenai kajian potensi dan kendala ketiga desa dalam pengembangannya menjadi desa wisata. Selain itu dilakukan juga kajian perbandingan berdasarkan standar dan kriteria desa wisata yang dikeluarkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.  Hasil analisa menunjukkan bahwa Desa Cikidang menjadi desa binaan prodi MRL yang akan diarahkan melalui tema  “Rencana Pengembangan Desa Cikidang sebagai Desa Wisata Berbasis Ekonomi Kreatif”.  Latar belakang utama diangkatnya Desa Cikidang adalah karena nilai ciri khas lanskapnya yang berbasis pertanian, nilai adat istiadat dan budaya lokal yang berkembang melalui komunitas dan masyarakat yang kreatif, namun berada pada wilayah Bandung Utara yang memiliki dinamika pembangunan yang pesat.  Sehingga pendampingan dari Prodi MRL akan diupayakan pada penyuluhan sadar wisata pada masyarakat dan pelatihan pengembangan industri kreatif berbasis pariwisata.

Sejalan dengan hal tersebut, pihak Disparbud sepakat dengan konsep desa wisata yang merupakan salah satu bentuk kegiatan wisata yang menyajikan suasana pedesaan namun tidak merubah kultur bahkan diharapkan dapat melestarikan budaya dan kearifan lokal yang terdapat di desa tersebut.Namun pengembangan ini memang tidak dapat dilakukan secara terpisah, melainkan memerlukan keterlibatan langsung dari berbagai stakeholder diantaranya pemerintah, akademisi, dan tak lupa masyarakat itu sendiri. Hal inilah yang akan diwujudkan dari inisiasi kerjasama antara Prodi MRL selaku akademisi yang khusus di bidang pariwisata dengan Disparbud KBB selaku fasilitator dan regulator di wilayahnya tersebut. (text: ReizaMiftah&Melia Wanda ; Foto: Ariqa)

~ dilihat : 488 kali ~