Pemkab Nias Utara – UPI Jalin Kerjasama Bidang Pendidikan

logo upiBandung,UPI

Pendidikan merupakan modal awal untuk membangun sebuah wilayah, juga untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan menjadi sangat krusial bagi akselerasi pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Nias Utara.

Demikian terungkap dalam penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Nias Utara dengan Universitas Pendidikan Indonesia, Kamis (2/10/2014) di Ruang Rapat Partere Kampus UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Naskah kesepahaman ini meliputi penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian pada masyarakat dan jasa keprofesian, pengembangan sumber daya manusia serta pemetaan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara Drs. Fanotona Zega, MAP., mengatakan,”Kami sangat berbahagia atas terjadinya peristiwa hari ini. MoU ini sangat kami idam-idamkan, karena akan berdampak pada akselerasi pembangunan di Nias Utara, sebagai bentuk komitmen untuk mensejajarkan kami dengan daerah lainnya”.

Kabupaten Nias Utara berdiri pada tahun 2009, hingga saat masih dalam tahap pembenahan. Kita termasuk ke dalam wilayah 3T, yaitu terdepan. Oleh karena itu kami sangat ingin membangun wilayah Nias Utara agar sejajar dengan Kabupaten lainnya, terangnya.

Ditambahkan,”Sumber Daya Alam kami harus dikelola oleh Sumber Daya Manusia yang handal, untuk itulah kami menggandeng UPI. Berdirinya sebuah akademi mendorong kami untuk melakukan kerjasama dengan UPI. Memajukan pendidikan melalui program afirmasi untuk menyediakan kebutuhan guru-guru, terutama guru SMK”.

Bupati Nias Utara Edward Zega, menandatangani naskah kesepahaman ini guna memenuhi kebutuhan dalam rangka pembangunan daerah Kabupaten Nias Utara di bidang pendidikan. Tujuan utama kesepahaman ini adalah untuk memanfaatkan segala sumber daya dalam rangka akselerasi pencapaian visi misi Kabupaten Nias Utara serta untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di bidang pendidikan.

Rektor UPI Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata, M.Pd., mengatakan sangat mengapresiasi perjuangan para pimpinan di Kabupaten Nias Utara untuk membangun daerah melalui bidang Pendidikan.

“MoU ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk melaksanakan program besar dalam beberapa tahun ke depan secara konkrit. Heritage harus dijaga sebagai aset daerah, UPI akan membantu dalam berbagai bidang termasuk keterampilan vocational, yang bisa diakui secara nasional maupun Internasional. Peluang pembangunan daerah bisa dimulai dengan mengembangkan peluang pariwisata, kemudian memaksimalkan program SM3T/KKN Tematik, serta memanfaatkan program Lesson Study, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Utara juga melakukan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama dengan UPI terkait pengembangan pendidikan kejuruan mekanika teknik dan perbengkelan di Kabupaten Nias Utara.

Menindaklanjuti SPK tersebut, tahap awal akan dilakukan assesment yang bertujuan untuk menunjang rencana upgrading kemampuan guru/dosen, rencana kegiatan magang, rencana pengembangan dosen, rencana pembangunan laboratorium, serta monitoring dan evaluasi, yang sejatinya akan dijadikan dasar bagi perbaikan dan pengembangan kegiatan selanjutnya. (Dodiangga)

~ dilihat : 251 kali ~