MWA Umumkan Tiga Calon Rektor UI

IMG_2359Senin (10/11/2014), Majelis Wali Amanat (MWA) mengumumkan tiga nama calon rektor UI tersaring yang lolos ke tahapan selanjutnya. Ketiga nama tersebut diumumkan di konferensi pers yang dihadiri oleh Erry Riyana Hardjapamekas, S.E. (Ketua MWA UI), Drs. Tubagus Farich Nahril, MBA (Anggota MWA UI), M. Amar Khoerul Umam (Anggota MWA UI unsur mahasiswa), dan   Prof. Dr. Melani Budianta, M.A. (Sekretaris Pansus) di Balai Kirti, Universitas Indonesia Depok.

Ketiga nama calon rektor tersebut adalah :

  1. Prof. Dr. Ir. Mohammad Nasikin, M.Eng.
  2. Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met.
  3. Prof. Ir. Rinaldy Dalimi M.Sc., Ph.D.

Sebelumnya, terdapat tujuh calon rektor yang namanya diajukan oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) yang kemudian disetujui oleh MWA. Calon tersaring tersebut didapatkan setelah menjalani serangkaian tahapan seleksi berupa wawancara oleh P3CR, cyber campaign, serta kampanye interaktif. Di acara ini, Erry menjelaskan bahwa proses penyaringan ini dilakukan dengan melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan kepolisian. “KPK membantu kami dalam penelusuran pajak dan laporan keuangan, sedangkan kepolisian membantu kami dalam mengecek lingkup sosial dan peninjauan lingkungan rumah dari masing-masing kandidat,” ujarnya.

Selanjutnya, tiga calon rektor ini akan menjalani serangkaian tahapan selanjutnya, yang meliputi wawancara tertutup dengan MWA (17 November) dan Debat Publik (18 November). Keesokan harinya, Rektor UI terpilih akan diumumkan MWA. Informasi lebih lanjut tentang pemilihan rektor UI dapat dilihat pada laman pemilihanrektor.ui.ac.id. (KHN)