Meskipun Hanya “ Sedikit “ tetapi Membawa Berkah

uptqBandung, UPI

Mahasiswa UPI kembali  mendulang prestasi di tingkat Nasional. Kini giliran UKM UPTQ (Unit Pengembangan Tilawah Al Quran) yang telah mendulang prestasi tersebut pada ajang MTQ Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta yang ke-50 Emas. Dalam ajang tersebut kafilah UPI berhasil meraih juara 1 cabang Tilawah Al-Qur’an atas nama Muhammad Ramdan Mubarok  mahasiswa jurusan Pendididkan Bahasa Arab dan juara 1 pada cabang Hifdzil Qur’an kategori 5 juz yang diraih oleh M. Habibul Irsyad  mahasiswa jurusan Pendidikan Sosiologi. MTQ yang dilaksanakan pada tanggal 9 – 11 Mei 2014 tersebut, kafilah UPI telah menyisihkan seluruh peserta terbaik dari 21 universitas di tingkat Nasional. Ya, Meskipun Hanya “ Sedikit “ Tetapi Membawa Berkah. Dalam artian kafilah dari UPI hanya membawa dua cabang lomba dari sekian cabang lomba yang ada, tetapi alhamdulillah bisa membawa keberkahan yakni keduanya membawa juara 1.

Menurut ketua kontingen, Deden Muhidin menyatakan bahwa selain untuk ajang silaturahim antar universitas,  ajang MTQ ini pun merupakan ajang “pemanasan” kafilah UPI untuk menyongsong ajang bergengsi dua tahunan yakni MTQ Mahasiswa Nasional XIV tahun 2015 mendatang.  Dan Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan Universitas, UPI berhasil meraih juara 1 pada cabang Tilawah Qur’an dan Hifdzil Qur’an.

Dalam perlombaan tersebut, UPI hanya mengikuti dua cabang dari lima cabang yang diselenggarakan. Mulai dari Debat bahasa Inggris, Debat bahasa Arab, Kaligrafi, dan karya tulis. Selain itu dalam perlombaan ini, tidak dibedakan peserta dari universitas umum dan universitas yang notabene berlatar belakang agama, seperti UIN. Semuanya disatukan. Dalam ajang tersebut pun, kafilah UPI sangat diapresiasi, baik oleh pihak panitia maupun dari rektorat UNY. Semoga kedepannya mahasiswa UPI lainnya bisa membawa nama baik UPI, tidak hanya di tingkat Nasional, tetapi juga di tingkat Internasional. Amin Ya Robbal ‘Alamin. (M. Ramdan Mubarok)

~ dilihat : 333 kali ~