Membentuk Pola Pikir Kritis melalui Debat

Bandung, UPI

Seminar mengenai debat yang diselenggarakan oleh English Debate Club (EDC) berlangsung lancar. Acara tersebut membahas mengenai apa itu debat, bagaimana cara menjadi seorang debator yang baik, bagaimana cara menyampaikan ide serta bagaimana membuat argumen yang baik. Walau sedikit terhambat oleh masalah perizinan, namun akhirnya seminar tersebut terselenggara dengan baik Rabu (9/10/ 2013) di ruang Auditorium FPBS UPI, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Debat memang kegiatan yang menarik serta bermanfaat. Menarik karena dengan berdebat  kita bisa melihat sejauh mana seseorang mampu membuat argumen untuk mempertahankan apa yang dia yakini kebenarannya. Disamping itu kegiatan berdebat juga membantu kita untuk berpikir kritis terhadap suatu masalah. Pentingnya debatlah yang menjadi alasan EDC menyelenggarakan seminar tersebut.

“Sebetulnya, tanpa sadar kita selalu bedebat mengenai berbagai macam hal setiap hari. Walaupun debat yang kita lakukan berbeda dengan debat dalam forum resmi, namun pada dasarnya dua hal tesebut mempunyai kesamaan yaitu untuk mempertahankan argumen. Karena itu, EDC menyelenggarakan seminar ini untuk menambah wawasan mahasiswa mengenai debat,” ujar Restu salah satu panitia penyelenggaraan seminar saat diwawancarai, Kamis (10/10/2013) di gedung FPBS UPI.

Antusiasme mahasiswa untuk menghadiri seminar tersebut cukup besar. terbukti dengan adanya peningkatan peserta seminar yang cukup signifikan dari tahun lalu. Peserta yang menghadiri seminar tersebut tidak hanya mahasiswa jurusan Bahasa Inggris saja. Namun peserta dari jurusan lain seperti IPSE, Bahasa Perancis, dan pendidikan biologi pun ikut serta dalam seminar itu. Banyak hal yang peserta dapatkan dari seminar kemarin. selain mendapatkan materi mengenai debat, pada sesi terakhir seminar beberapa peserta diminta untuk berlatih debat. Layaknya acara debat sungguhan para peserta berdebat secara profesional. Melalui latihan tersebut para peserta bisa mempraktikan cara berdebat yang baik. Hal tersebut tentunya menjadi pengalaman yang mengesankan bagi para peserta yang kebanyakan belum pernah berdebat dalam forum resmi.

“Aku datang karena aku suka debat. Selain itu, dengan datang ke seminar seperti ini kita bisa menambah kemampuan berbicara dan pengetahuan kita dengan cara yang menarik.” Menurut Anggita mahasiswi jurusan IPSE sekaligus anggota EDC yang menghadiri seminar.

Seminar-seminar seperti ini memang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Terlebih penyampaian materi dalam seminar ini sangat menarik. hal itu membuat para peserta tidak jenuh sehingga pemahaman materi jauh lebih efektif. EDC sendiri berencana untuk mengadakan seminar ini setiap tahun. EDC berharap melalui seminar tersebut mahasiswa lebih tertarik untuk berlatih debat.

“Kami berharap melalui seminar ini mahasiswa akan lebih tertarik belajar debat secara serius. Untuk itu,  EDC memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka melalui kegiatan berdebat.”tutur Restu pada akhir wawancara. (Ceshil)

~ dilihat : 520 kali ~