Mahasiswa pun Bisa Mencegah Korupsi

Bandung,UPI

Mahasiswa diharapkan dapat memahami pencegahan korupsi, dengan cara mereka mau terlibat dalam kampanye antikorupsi melalui kegiatan yang kreatif. Demikian terungkap dalam Pelatihan Pendidikan Antikorupsi ”Mengintegrasikan Peranan Pemuda dengan Pendidikan Antikorupsi untuk Mewujudkan Indonesia Bebas Korupsi”, Kamis (23/10/2014), di Grand Setiabudhi Hotel.

Kegiatan ini diikuti oleh Program Studi Akuntansi FPEB UPI dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kamahasiswaan, Kemitraan, dan Usaha Prof. Dr. H. Dadang Sunendar, M.Hum.

Prof. Dadang mengatakan,”Kami sangat mendukung kegiatan ini, kami mengapresiasi KPK yang mau melibatkan perguruan tinggi untuk penyebaran informasi antikorupsi. Kami juga berharap tidak hanya dilakukan pada mahasiswa saja, tapi semua aspek yang ada di perguruan tinggi.”

Kegiatan ini sejatinya dapat membentuk nilai dan karakter antikorupsi pada jiwa mahasiswa. Kami sangat prihatin atas kasus yang terjadi pada RR, seorang akademisi yang terlibat dalam kasus korupsi SKK Migas. Kemendikbud sedianya dapat berkoordinasi dengan pimpinan perguruan tinggi untuk melakukan penguatan antikorupsi, ya salah satunya melalui kegiatan ini. Minimal harus ada upaya pencegahan lah, terangnya.

Handyani dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat mengatakan, kegiatan ini terlaksana berdasarkan MoU yang sudah terjalin selama ini antara KPK dan UPI. Orientasi kami dalam kegiatan ini adalah untuk menginisiasi antikorupsi melalui pendidikan, diharapkan pasca terlaksananya kegiatan ini mahasiswa dapat melakukan aksi nyata dalam bentuk apapun sesuai kebutuhan.

“Sasaran di UPI adalah untuk penguatan gerakan antikorupsi dalam berbagai bidang studi, dan kemasannya diserahkan kepada mahasiswa, ini merupakan peran sentral calon guru dan guru,” tambahnya.

Ditambahkan, KPK akan melakukan penguatan strategi komunikasi, pembentukan karakter melalui peran masing-masing, dan dosen pun suatu saat nanti akan mendapatkan materi yang sama tentang gerakan antikorupsi.

Untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan antikorupsi dapat dilihat di laman kpk.go.id, sementara untuk media pembelajarannya dapat dilihat di www.acch.kpk.go.id.

Pembicara dalam kegiatan ini diantaranya Handayani dengan materi “Rencana Aksi Mahasiswa”, kemudian Dani Rustandi memaparkan “Pemahaman Umum tentang Korupsi, dan Janatan membahas Media Kreatif Antikorupsi. (Dodiangga)