Langkah Kecil Memiliki Pengaruh Besar

8Bandung, UPI

“Langkah kecil memiliki pengaruh besar,“ ujar Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M. Pd., saat membuka secara resmi Seminar Pembangunan Desa Wisata Mandiri Panjalu Secara Berkelanjutan Melalui Pengembangan Kreativitas Berbasis Kearifan Lokal, Senin (30/12/2013), di Isola Resort, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Rektor mengatakan,“Perilaku manusia harus mendapat perhatian lebih, perilaku manusianya harus dirubah untuk menjaga, merawat, dan mengembangkan desa industri mandiri yang telah dirintis sebelumnya.”

“Adalah kewajiban universitas untuk membantu masyarakat dengan mengimplementasikan ilmu pengetahuannya. UPI sendiri telah melakukan kerjasama dengan beberapa daerah mulai dari Aceh hingga Papua. UPI berjanji tidak akan meninggalkan wilayah binaannya, bukan tidak mungkin wilayah tersebut akan dijadikan tempat untuk belajar dan melakukan penelitian,” paparnya.

Dijelaskan Rektor, “Kita harus bangkit dengan kekuatan sendiri, bangga dengan budaya sendiri, kembangkan kreatifitas sehingga hal tersebut menjadikan daya saing. Keunikan yang dimiliki dengan berbasiskan kearifan lokal juga dapat menciptakan daya saing.”

Seminar ini terbagi dalam dua sesi diskusi panel, yang pertama membahas tentang “Membangun Panjalu sebagai Desa Kreatif Berbasis Wisata Budaya”, menghadirkan Juju M, M. Hum., Ph. D., Prof. Sobana Hardjasaputra, M.A., Roy Darmawan, SE., M.Psi., dan Prof. Dr. H. E. Aminudin Azis, MA., Sementara itu, pada sesi kedua membahas tentang “Membangun Rantai Usaha Industri Menuju Perwujudan Desa Industri Mandiri”, menghadirkan Dr. Ade Sadikin M.A., Cahya Yudi Widianto, ST., dan MayasariSE., MM.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris LPPM UPI Dr. Yadi Ruyadi, M.Si., mengatakan,”Kegiatan seminar ini merupakan lanjutan serangkaian kegiatan di Desa Panjalu. Panjalu ditunjuk sebagai lokasi pengembangan desa wisata, karena sebelumnya telah dilakukan riset. Kegiatannya telah didahului dengan seminar-seminar kemudian pelatihan-pelatihan yang nantinya bertujuan untuk menyusun tindak lanjut pengembangan di tahun 2014. Di Panjalu, UPI memiliki banyak mitra yang dapat bersinergi untuk melaksanakan program ini. ” (Dodiangga)

~ dilihat : 302 kali ~