KPM UPI Melantik Empat Protokoler Utama

DSCN4585

Bandung, UPI

Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (KPM UPI) Menyelenggarakan Sidang Terbuka Berkenaan Dengan Promosi Kenaikan Tingkat Protokoler Utama pada hari Jum’at, 1 Sya’ban 1435 H/30 Mei 2014 M Bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung University Centre  Universitas Pendidikan Indonesia. Sidang Terbuka ini diselenggarakan bagi anggota Protokoler Madya yang akan naik tingkatan menjadi Protokoler Utama.

Anggota kenaikan tingkat Protokoler Utama adalah Lilian Kiki Triwulan spesialisasi keprotokolan Tata Tempat (Pendidikan Bahasa Perancis /FPBS), Iis Aisyaturodiyah spesialisasi keprotokolan Manajemen Acara Memorandum of Understanding/MoU (Pendidikan Guru Sekolah Dasar/FIP), Desi Sri Cahyani spesialisasi Pemandu Tamu/Liasion Officer (Bahasa dan Sastra Indonesia/FPBS), dan Risa Nurlatifah  spesialisasi Pembawa Acara (Pendidikan Guru Sekolah Dasar/UPI Kampus Cibiru).

Sidang Terbuka Korps dipimpin oleh Mitra Tama, dihadiri oleh Anggota Korps, Purna Bhakti Korps, ORMAWA dilingkungan UPI, serta Mitra Korps diantaranya KPM UNISBA, KPM UNPAD, KPM STKIP Siliwangi, dan KPM UNIKOM. Sidang Terbuka Korps tersebut diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Mitra Tama Tentang Calon Protokoler Utama, pemaparan hasil karya ilmiah calon Protokoler Utama.

Kesempatan pertama untuk memaparkan hasil karya ilmiah disampaikan oleh Lilian Kiki Triwulan dengan judul makalah “Tata Tempat Sidang Terbuka di Lingkungan Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia”. Pemaparan tersebut menjelaskan bahwa pentingnya peraturan tetap tata tempat sidang terbuka dilingkungan Korps agar pada saat pelaksanaannya berjalan dengan tertib, teratur serta khidmat.

Kesempatan kedua disampaikan oleh Iis Aisyaturodiyah, dengan memaparkan makalah dengan judul “Manajemen Penandatanganan Nota Kesepahaman/ Memorandum of Understanding (MoU) (Aplikasi di Universitas Pendidikan Indonesia dibidang Akademik)”. Secara garis besar bahwa manajemen MoU sangat diperlukan untuk kelancaran dan sebagai pencitraan Universitas.

DSCN4673Kesempatan ketiga disampaikan oleh Desi Sri Cahyani dengan pemaparan makalah berjudul “Peranan Pemandu Tamu VIP Pada Acara Pernikahan Keluarga Pejabat Universitas (Aplikasi di Lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia)”. Makalah menjelaskan mengenai pemandu tamu yang baik harus memberikan kesan pertama yang baik kepada tamu VIP pada acara pernikahan keluarga pejabat Universitas dan dapat membantu acara pernikahan tersebut lebih teratur dan terarah.

Kesempatan terakhir diberikan kepada Risa Nurlatifah dengan judul makalah “Peran Pembawa Acara dalam Acara Seminar Nasional di Lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia (Aplikasi di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru)”. Pemaparan makalah tersebut menjelaskan mengenai seorang pembawa acara harus memiliki kriteria tertentu untuk menunjang dalam membawakan sebuah acara.

Setelah Sidang selesai dilanjutkan dengan Upacara Kebesaran Korps Berkenaan Dengan Kenaikan Tingkat Protokoler Utama. Anggota yang dilantik disematkan epolet sabit tiga oleh Mitra Tama yang menandakan bahwa anggota yang dilantik berhak menyandang tingkatan Protokoler Utama. Semoga dengan dilantikannya Protokoler Utama ini anggota yang dilantik dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai Protokoler Utama, menjadi suri tauladan bagi tingkatan Mula dan Madya serta dapat menjaga kultur Korps. (Humas KPM UPI).