Korps Protokoler Mahasiswa UPI Berganti Nama

PROBUMSILBandung, UPI

Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (KPM UPI) menyelenggarakan musyawarah tinggi  dalam tradisi Korps yang disebut Konserium Luar Biasa pada hari Sabtu, 13 Syawal 1435 H /9  Agustus 2014 M bertempat di Ruang Rapat lantai 1 Gedung University Centre Universitas Pendidikan Indonesia berkenaan dengan pembahasan perubahan nama Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia.

Konserium ini dihadiri oleh Ketua Panca Pendiri, para Purna Tugas Mitra Tama (mantan Pimpinan Korps), Satya Purna Bhakti (Ketua Alumni Protokol) Endar Mukhtar Zaelani, S.Par., perwakilan Kampus Daerah dan seluruh anggota Korps dipimpin oleh Mitra Tama sebagai Pimpinan Sidang Konserium. Pada kesempatan tersebut sebelumnya telah dilaksanakan Majelis Silaturahmi Sivitas Korps dalam rangka I’dzil Fitri 1435 H yang dihadiri Direktur SDM UPI selaku Pembina Utama Korps Bunda Dr. Hj. Yayah Rahyasih, M.Pd.

Konserium Luar Biasa ini diawali dengan Tilawah Al-quran oleh Adinda Rahadian Prasetya (FPBS) dengan Saritilawah oleh Adinda Husnul Khotimah dilanjutkan menyanyikan bersama Mars Korps. Konserium dibuka oleh Mitra Tama kemudian arahan Ketua Panca Pendiri Korps Kakanda Puji Nur Firman S.Pd., M.Sc., M.H. Pemaparan pergantian nama Korps disampaikan oleh pimpinan Korps :  Mitra Tama Mochamad Arief Komarudin (FPBS) dan Sekretaris Utama Muhammad Ba’du Sholihin (FPTK). Dalam pemaparannya  perubahan nama Korps bertujuan untuk meluruskan sejarah Korps, penyesuian dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan, memaknai nilai-nilai kebudayaan, historis dan tradisi kampus UPI sebagai kawah chandradimuka Bumi Siliwangi, meningkatkan kualitas layanan protokol baik dalam tugas rutinitas membantu protokol universitas ataupun memberikan layanan protokol kepada masyarakat yang selama ini sudah terjalin kerjasa dengan baik diantaranya dengan :  Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI/Kepala Protokol Negara, Lembaga Negara, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah, dan institusi lainnya.

Setelah melewati beberapa kajian Dewan Pengurus, Dewan Protokol Utama, Purna Bhakti Korps, Panca Pendiri (para Pendiri Korps) arahan dari Direktur SDM UPI selaku Pembina Utama Korps, dan para Pembina Harian diputuskan merubah nama Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (KPM UPI) berubah nama menjadi Protokol Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (PROBUMSIL UPI). Diubah pula pada tingkat Kampus Daerah sebagi unsur pelaksana KPM UPI Satuan Kamda Cibiru menjadi PROBUMSIL Satuan Cibiru Gemah (BIRUGEMAH), KPM UPI Satuan Kamda Purwakarta menjadi PROBUMSIL Satuan Purwakarta Raharja (PURWARAHAJA), KPM UPI Satuan Kamda Sumedang menjadi PROBUMSIL Satuan Sumedang Larang (MEDANGLARANG). Perubahan tersebut langsung disetujui dengan ditandatanganinya Berita Acara Konserium Luar Biasa oleh seluruh majelis yang hadir dan dibacakan oleh Mitra Tama kemudian turut mengesahkan  dengan Pernytaan Panca Pendiri Korps disampaikan langsung oleh  Ketua Panca Pendiri dilanjutkan dengan  menyanyikan Mars Korps bersama-sama pertama kalinya diubah sebagian lirik, pada awalnya : “Berazas Pancasila dan Agama Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia mengwal almamater tercinta“ berubah menjadi “Berazas Pancasila dan Agama Protokol Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia mengwal almamater tercinta“ menandai resminya nama  PROBUMSIL UPI.

foto bersama baru 1Dengan berubahnya nama organisasi ini berimplikasi kepada perubahan sebagian Keputusan Rektor UPI Nomor 2906/H40/KM/2008 tentang Pengesahan Pembentukan Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (Lampiran I Anggaran Rumah Tangga). Secara de facto KPM UPI telah berubah menjadi PROBUMSIL UPI sacara de Jure menunggu Surat Keputusan Rektor yang sedang diproses melalui Pengajuan pengesahan kepada Pimpinan Universitas selaku Majelis Wali Organisasai (MWO).

PROBUMSIL UPI sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang selama ini selalu memberikan bimbingan, arahan, dan kerjasama seluruh organ Universitas, Ormawa, mitra UKM, mitra Protokol, instnasi eksternal Universitas. Konserium ini ditutup oleh Mitra Tama dengan membacakan surat An-Nasr sebanyak tiga kali diikuti seluruh majelis dan diakhiri dengan mengetuk palu tanda Konserium berakhir. Insya Alloh dengan perubahan nama ini dapat meningkatkan layanan dan fungsi protokol, citra, duta mahasiswa dalam mengawal pencitraan tugas keprotokolan Universitas sesuia dengan Visi PROBUMSIL UPI “Layanan Protokol Paripurna dengan Landasan: Beragama, Berbudaya, Berbangsa, Bernegara serta Bermaruwah Tri Dharma Perguruan Tinggi. (DEPUTI PUBLIKASI PROBUMSIL UPI).

~ dilihat : 406 kali ~