Kerjasama Pendidikan, UPI Bandung Gandeng UTA Tampere

upi (3)

Tampere- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dan University of Tampere (UTA), Tampere, Finlandia, berhasil mencapai kesepakatan menjalin kerjasama pendidikan untuk kemajuan kedua pihak.

Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama Pendidikan tersebut ditandatangani oleh rektor kedua belah pihak Prof. Sunaryo Kartadinata dan Prof. Kaija Holli di University of Tampere (UTA), Tampere, Finlandia (28/4/2014).

Penandatanganan MoU disaksikan oleh wakil dari KBRI Helsinki, para Wakil Rektor dari UPI Bandung dan Wakil Rektor, Dekan School of Education beserta jajaran pimpinan UTA Tampere.

Kerjasama kedua universitas antara lain mencakup pertukaran staf dan tenaga pengajar, pertukaran materi perkuliahan, pertukaran bahan-bahan informasi dan publikasi.

Di samping itu juga joint conferences dan joint academic programs, kerjasama di bidang riset dan publikasi, serta bidang-bidang kerjasama lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Sebagai tindaklanjut dari penandatanganan MoU, Rektor UPI telah menyampaikan proposal kerjasama riset di bidang pendidikan untuk dipelajari oleh pihak UTA.

Kedua belah pihak juga telah sepakat bahwa delegasi UTA akan berkunjung ke Bandung untuk membahas secara lebih kongkrit penerapan butir-butir kesepahaman dalam MoU pada 22 Mei 2014 akan datang

Sebaliknya delegasi peneliti dari UPI Bandung direncanakan berkunjung kembali ke Tampere pada Agustus 2014, untuk memulai kerjasama riset di bidang pendidikan.

“MoU ini berlaku sejak tanggal penandatanganan hingga periode lima tahun ke depan,” demikian Sekretaris I Bidang Pensosbud KBRI Helsinki Made P. Sentanajaya kepada detikcom.

Menurut Made, penandatanganan MoU Kerjasama Pendidikan antara UPI dengan UTA semakin meningkatkan jumlah kerjasama U to U antar universitas-universitas di Indonesia dengan universitas-universitas di Finlandia.

Sebelumnya juga telah terdapat kerjasama U to U antar Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan Aalto University Helsinki di bidang program Master of Business Management (MBM), dan kerjasama pendidikan antara Universitas Bakrie Indonesia dengan Technology University Tampere (TUT) melalui MoU yang ditandatangani pada November 2013.

Keunggulan sistem pendidikan di Finlandia terutama di bidang pendidikan guru dan tenaga pendidik, serta riset diharapkan dapat dimanfaatkan oleh universitas-universitas di Indonesia guna meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

“Kerjasama pendidikan merupakan salah satu bidang kerjasama unggulan yang tengah digiatkan oleh KBRI Helsinki dalam rangka peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Finlandia,” pungkas Made. (detik.com)

~ dilihat : 376 kali ~