Hubungan Penting Pemuda Dengan Empat Pilar Kebangsaan Indonesia

Oleh: ROMANSYAH

(Mahasiswa Pendidikan Tekhnik Mesin, FPTK UPI-2013)

PEMUDA merupakan generasi yang sangat berperan penting bagi terlaksananya proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, pemuda juga merupakan generasi terkuat yang sangat di andalkan bangsa Indonesia untuk mendorong dan memaksa  tokoh proklamator Ir.Soekarno dan Drs.Mohammad Hatta untuk segera  memproklamasikan  kemerdekaan negara Republik Indonesia, dan pemuda juga merupakan generasi yang akan meneruskan cita-cita bangsa Indonesia di masa yang akan datang.

Di zaman globalisasi dan modernisasi ini pemuda sangat diharapkan agar tidak terjerumus dalam budaya kebarat-baratan. Karena jika pemuda terjerumus dalam budaya kebarat-baratan, maka Indonesia akan menjadi negara yang rapuh dan lemah. Karena mudah dijajah oleh pengaruh negatif globalisasi dan modernisasi saat ini. Dan pemuda pun tidak akan dapat mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia, yang telah pahlawan-pahlawan nasional dan rakyat Indonesia wariskan.

Maka dari itu pemuda harus menanamkan semangat empat pilar kebangsaan untuk mengendalikan dan mengkontrol jiwa pemuda Indonesia agar tidak terpengaruh oleh pengaruh negatif globalisasi dan modernisasi saat ini.

Empat pilar kebangsaan merupakan empat penyangga utama bangsa Indonesia yang menjadi panutan bagi keutuhan dan cita-cita bangsa Indonesia saat ini.

Empat pilar kebangsaan Indonesia itu adalah :

  1. Pancasila.
  2. UUD 1945.
  3. Bhinneka Tunggal Ika.
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jika pemuda Indonesia telah menanamkan semangat empat pilar kebangsaan itu dalam jiwanya, saya yakin pemuda Indonesia dapat mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang ingin dapat, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

This entry was posted on Monday, February 24th, 2014 at 02:37 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

~ dilihat : 403 kali ~