HIMA KM MRL Gelar P2M Bertemakan “Community Based Tourism For Cikidang, Lembang”

Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) oleh mahasiswa dapat dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui pendekatan pendidikan di masyarakat, kesehatan masyarakat, kesejahteraan masyarakat, berbasis lingkungan dan sebagainya. Salah satu terobosan baru yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Manajemen Resort dan Leisure (HIMA KM MRL) yang notabene merupakan Organisasi Mahasiswa tingkat jurusan pada Program Studi Kepariwisataan Manajemen Resort dan Leisure FPIPS UPI, yakni melakukan Pengabdian Pada Masyarakat pada desa yang memiliki potensi menjadi desa wisata, yaitu Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (01/02/2014).

HIMA KM MRL mengarahkan Desa Cikidang ke arah Ecotourism dan Agrowisata yang disandingkan dengan konsep desa wisata, ini artinya memanfaatkan apa yang ada di sana sebagai suatu daya tarik tanpa merusak lingkungan, alam, serta tatanan tradisi dan budaya lokal yang sudah ada. Desa Cikidang sendiri merupakan sebuah desa dengan berhektar-hektar perkebunan sayur yang indah, dikelilingi oleh pegunungan dan hutan. Apalagi dewasa ini yang dicari oleh masyarakat perkotaan adalah menikmati suasana desa yang menenangkan dengan kesederhanaan masyarakat desa di dalamnya.

p2m mrlBegitu besar potensi Desa Cikidang untuk menjadi sebuah desa wisata. Bukan hanya ladang perkebunan, namun juga peternakan, kesenian, kerajinan, tradisi lokal, serta oleh-oleh khas Desa Cikidang menegaskan bahwa Cikidang siap untuk menjadi Desa Wisata. Dari sisi perkebunan, begitu banyak tanaman sayuran yang ditanam dan dapat memenuhi kebutuhan sayuran daerah-daerah sekitar Lembang. Peternakan menjadi pelengkap daya tarik dengan adanya peternakan ayam dan sapi perah pesusu. Kerajinan tangan menjadi ekonomi kreatif Desa Cikidang dengan adanya kerajinan pulpen terbuat dari bambu dan keripik bayam. Serta kesenian-kesenian khas Jawa Barat seperti sisingaan dan jaipongan hingga perang tomat pada waktu-waktu tertentu menjadi daya tarik kesenian dan tradisi lokal yang mampu menjadikan Cikidang sebagai Desa Wisata berbasis kegiatan masyarakat.

Community Based Tourism (CBT) merupakan konsep penyelenggaraan kegiatan pariwisata yang menjadikan masyarakat sebagai salah satu pihak yang harus terlibat pada kegiatan pariwisata tersebut dan mendapatkan dampak positif bagi masyarakat itu sendiri secara berkesinambungan. Masyarakat Desa Cikidang dapat terlibat secara langsung dengan kegiatan pariwisata dengan konsep desa wisata yang bisa ditempuh, memanfaatkan segala potensi alam dan sumberdaya yang dimiliki sebagai kekuatan serta sebagai usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat secara konkrit.

Hasil dari Pengabdian Pada Masyarakat yang telah dilakukan pada waktu yang lalu akan dikaji secara seksama dengan pihak Program Studi untuk dapat menjadikan segala hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa bermanfaat baik secara akademis maupun secara praktis, bagi Program Studi Manajemen Resort dan Leisure, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, juga bagi Desa Cikidang. (Humas HIMA KM MRL)

~ dilihat : 256 kali ~