FOSMAKU UPI Selenggarakan P2M di Desa Cimaranten Kuningan

fosmaku 1

Bandung, UPI

FOSMAKU UPI merupakan perkumpulan mahasiswa asal Kabupaten Kuningan yang sedang menuntut ilmu di Universitas Pendidikan Indonesia, pada tanggal 22-26 Januari 2014 FOSMAKU UPI melaksanakan pengabdian pada masyarakat di Dusun Cantilan Desa Cimaranten Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan, P2M yang dilaksanakan pada tahun 2014 ini merupakan kegiatan kedua kalinya setelah tahun kemarin FOSMAKU UPI telah menggelarnya di Desa Karangkancana, Kuningan.

Pengabdian pada masyarakat FOSMAKU UPI 2014 ini dibuka langsung pada tanggal 22 Januari 2014 oleh kepala Desa Cimaranten yang diwakili oleh Kepala Urusan Umum, kegiatan P2M yang dilaksanakan oleh mahasiswa UPI ini diapresisasi dengan baik oleh pihak pemerintahan desa senada dengan ucapan Kepala urusan Umum dalam sambutannya “mahasiswa merupakan tonggak perubahan, dan harapan saya rekan-rekan mahasiswa bisa mengembangkan program yang bagus dan bermanfaat untuk masyarakat Desa Cimaranten”, ujarnya.

Pada pelaksanaan pengabdian pada masyarakat tahun 2014 ini tema kegiatan yang diangkat adalah “Ngaronjatkeun Ciri Sabumi Minangka Ngahontal Masarakat Madani” hal ini senada dengan tujuan yang ingin dicapai dalam pengabdian yang FOSMAKU UPI lakukan untuk mengangkat potensi daerah Desa Cimaranten yakni potensi umbi jalar.

fosmaku 2Menurut ketua pelaksana, Ilyas Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi 2011, program yang diangkat dalam pelaksanaan pengabdian pada masyarakat FOSMAKU UPI 2014 ini diantaranya adalah sosialisasi pengolahan umbi jalar menjadi olahan pangan seperti sistik, kripik manis sampai umbi yang dibuat menjadi sphagethi.

“Selain itu pula dilaksanakan tabligh akbar dalam rangka memperingati maulid nabi Muhammad SAW”, sambung Ilyas.

Panitia dari kegiatan ini berjumlah 50 orang yang merupakan mahasiswa asal Kuningan yang berasal dari UPI Bumi Siliwangi Maupun UPI kampus daerah.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan postitif saya harap kedepannya FOSMAKU UPI bisa terus menggelar kegiatan-kegiatan serupa yang bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi Kuningan sebagai daerah asal kita berada”, ujar Ketua Umum FOSMAKU UPI Rinaldo Adi Pratama.

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah 2011 ini berharap kegiatan yang senantiasa diprogramkan oleh FOSMAKU UPI bisa terus bermanfaat baik bagi masyarakat umum maupun anggota FOSMAKU UPI sendiri. (Deny)

~ dilihat : 503 kali ~