Dies Natalis ke-61 Fakultas Psikologi UI: Psikologi untuk Indonesia

Indeks Berita


Dies Natalis ke-61 Fakultas Psikologi UI: Psikologi untuk Indonesia

Posted by humas-ui on 2014-03-05 16:36:15

Memperingati Dies Natalis ke-61, Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) berupaya memberikan perhatian nyata kepada masyarakat. Dengan semangat “Psikologi untuk Indonesia”, Fakultas Psikologi diharapkan mampu berkontribusi untuk bangsa Indonesia serta memikirkan pembangunan generasi dan masa depan.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Psikologi UI, Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A. kepada UIupdate usai seremoni Dies Natalis, Senin (3/3/2014) di Auditorium Fakultas Psikologi UI, Depok. Tjut Rifameutia menjelaskan, tema yang diusung sejalan dengan tema Dies Natalis ke-64 UI. “Sekarang sudah lewat usia emas, Psikologi lebih turun ke masyarakat, memberikan pandangan, membantu masyarakat agar potensi mereka bisa membuatnya lebih bahagia,” katanya.

Acara Dies Natalis juga diisi orasi ilmiah bertajuk “Meninggalkan Mentalitas Gerombolan, Membangun Mentalitas Sosial” oleh dosen dan peneliti Fakultas Psikologi UI, Dr. Bagus Takwin, M.Hum. Bagus mengatakan, mentalitas gerombolan adalah pola tingkah laku mengikuti apa yang dilakukan oleh rekan-rekan mereka sebagai akibat tekanan teman sebaya. Mentalitas ini bisa menimbulkan dampak buruk seperti kerusuhan yang memakan banyak korban, konflik berdarah antarkelompok, runtuhnya harga saham yang menyebabkan krisis ekonomi, hingga konsumerisme tak terkendali.

Dalam banyak situasi, lanjut dosen yang akrab disapa Mas Sokraten ini, mentalitas gerombolan menghasilkan jebakan sosial bagi masyarakat, yaitu situasi negatif yang tidak menyenangkan atau mematikan. Solusi bagi masalah mentalitas gerombolan terletak dalam pencegahan deindividuasi dengan pendekatan membantu individu menjadi lebih sadar diri. “Orang yang lebih sadar diri akan menjaga dan bertanggung jawab atas tindakan mereka,” sambung Bagus. Ia juga mengharapkan terbentuknya mentalitas yang menjadikan tiap-tiap diri siap untuk bernegosiasi dengan kata-kata dan membangun kebersamaan tanpa paksaan kekerasan. Bagus mengistilahkan mentalitas ini sebagai mentalitas sosial.

Agenda lain Dies Natalis Fakultas Psikologi adalah penyerahan penghargaan kepada sivitas akademika Psikologi. Penghargaan kelompok peminatan berprestasi diberikan kepada unit tari Kencana Pradipa. Penghargaan karyawan berprestasi diberikan kepada Mutanawiroh, S.E. (Koordinator SDM), Fitriyani Mudjid (Staf Subbagian Akademis), dan Aminah (Staf Administrasi KMK Klinis). Sementara itu, penghargaan staf pengajar berprestasi diberikan kepada Prof. Dr. Hamdi Muluk dan penghargaan staf pengajar pilihan mahasiswa diberikan kepada Ermanda Saskia Siregar, M.A., Drs. S.S. Budi Hartono, M.Si, dan Dr. Ilsiana S. Jatiputra. Staf pengajar yang telah memasuki masa purnabakti turut diberi penghargaan, yaitu Dra. Sri Rochani Soesetio, M.Si. dan Drs. Diennaryati Tjokrosuprihatono, M.Psi.

Dies Natalis ke-61 Fakultas Psikologi dihadiri oleh sejumlah tamu penting seperti Wakil Rektor Bidang SDM, Dr. Adi Zakaria Afiff, M.B.A., Ketua Iluni Psikologi UI, Uti Raharjo, Pengurus Himsi Jaya, Dekan Fakulas Psikologi Universitas Negeri Makassar, dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI Dr. Arie Setiabudi Soesilo, M.Sc. (DPN)