12 Mahasiswa UI Ikuti Indonesia Gifted Researchers Program

Indeks Berita


12 Mahasiswa UI Ikuti Indonesia Gifted Researchers Program

Posted by humas-ui on 2014-02-21 15:45:53

Pada 2-7 Februari 2014, Australian National University (ANU) menyelenggarakan ANU-Indonesia Gifted Researchers Program. Dalam program tersebut, terpilih 50 mahasiswa bidang ilmu sosial dan humaniora dari lima universitas. Dua belas mahasiswa di antaranya berasal dari UI.

Australian National University (ANU)-Indonesia Gifted Researchers Program adalah program pelatihan riset intensif yang diselenggarakan oleh The College of Asia and The Pacific ANU. Kegiatan yang berlangsung di Novotel Bogor ini mengusung tema utama “Research, Critical Thinking and Indonesia’s Emergence as an Economic and Strategic Power”.

Secara umum, kegiatan dikemas dalam dua bentuk, yaitu seminar akademik dan diskusi kelompok. Dalam seminar akademik, para pembicara yang merupakan pengajar dari ANU menyampaikan materi sesuai dengan tema utama dan bidang keahlian masing-masing. Topik yang disampaikan antara lain seputar prediksi masa depan perekonomian Indonesia, perkembangan sosial politik, arah perubahan budaya dan media, dan berbagai tantangan yang dihadapi dunia penelitian dan pendidikan tinggi Indonesia di masa kini.

Ada pula diskusi kelompok yang setiap kelompoknya terdiri atas 10 peserta dan difasilitasi oleh seorang mentor akademik, yaitu dosen atau alumni ANU serta seorang peer mentor yang merupakan mahasiswa S1 tingkat akhir di The College of Asia and The Pacific ANU. Di bawah pengarahanan mentor akademik, peserta mendiskusikan kembali pertanyaan, temuan, maupun kesan pribadi yang diperoleh setelah mengikuti seminar akademik yang telah disampaikan oleh pembicara pada sesi sebelumnya. (KHN/Aarin Tirza Sirima)

 

~ dilihat : 308 kali ~