Dasar Mendesain Sebuah Website

Ada sebagian web desainer yang terkadang mengabaikan sebuah desain web, tapi tahu kah anda bahwa Desain suatu Web merupakan citra pertama yang pengunjung lihat saat mereka berkunjung pada website yang kita buat.
Contoh :misal, saat kita hendak membeli motor. ada 2 pilihan tempat, pertama di dealer resmi,dan yang kedua di showroom kecil biasa. pasti si pembeli akan memilih di dealer resmi tentunya. kecuali jika ada factor X yang lain.
Kenapa demikian?? hal tersebut timbul karena citra pertama dari dealer tersebut. Citra pertama yang muncul dari sebuah dealer adalah :

1). resmi
2). dapat dipercaya
3). barangnya baru, orisinil, masih dalam kondisi bagus.

Nah begitu pula dengan desain web. Citra pertama dari web dengan desain yang bagus akan menciptakan 3 hal dasar di atas. dan apa sajakah yang menjadikan sebuah web tersebut dapat dikatakan bagus dari segi tampilan? Secara singkat, hal-hal tersebut adalah…

1). layout
2). tipografi
3). color
4). imagery
5). navigasi

1). layout – layout ini adalah susunan dasar mengenai desain webuah web. point ini berbicara ttg posisi header,menu, content..seberapa besar ukuran dari mainpostnya. pada intinya layout memegang peranan penting mengenai bentuk dan model dari website tsb.

2). tipografi – website itu berkaitan dengan mata dari visitor. dan tentu mata tidak akan berlama2 dengan sesuatu yang memusingkan untuk dilihat,benar bukan? salah satunya ialah tulisan. tulisan yang kasar, tidak bisa dibaca dengan nyaman, tentu akan membuat visitor tsb enggan berlama-lama melihat ataupun membaca content dri situs anda. dan ini, sifatnya vital sekali. namun terlupakan.

3). color – warna sangat mempengaruhi dari segi feel dan emosi dari setiap visitor / pengunjung. bayangkan saja anda lewat di depan sebuah bank. apa yang anda bayangkan jika warna yang menyertai bank tersebut berwarna pink?.. tentu anda akan berpikir.. “nih bank apa2an.. ga serius nih bank!”. bandingkan jika bank tsb berwarna biru..yang melambangkan kepercayaan. dan warna hitam yang melambangkan loyalitas.

4). imageri – gambar yang menyertai sebuah website juga sangat sekali berpengaruh mengenai user yang mengambil kesimpulan. bayangkan saja jika website dari sebuah produk kesehatan, memiliki gambar seseorang yang tampak letih dengan muka pucat,dan tidak berseri2. atau website tentang stationery atau edukasi yang menampilkan iklan tentang wanita berbikini. tentu hal ini membuat setiap visitor langsung berkesimpulan tidak baik dan kurang percaya dengan website tsb.

5). navigasi – navigasi yang mudah dan tidak ribet, tentu akan membuat setiap user nyaman dan tidak kesulitan.intinya to the point. jadi tidak melempar sebuah content ke dalam beberapa link atau bahkan melemparnya ke situs lain. seperti kebanyakan yang blog yang beredar ^^”.

kelima hal di atas adalah saling terkait,jadi kita tidak bisa mengabaikan salah satunya.