Wisata Simpenan Pantai Loji Manjakan Wisatawan

Oleh Ricilia Ryan Putri

Mahasiswa Manajemen Resotr & Leisure/FPIPS UPI

Pada musim liburan kemarin saya berkesempatan melakukan perjalanan wisata ke wilayah pantai di Sukabumi.  Eits, bukan Pelabuhan Ratu. Melainkan beberapa tempat wisata yang masih sepi dan tidak kalah indah di dekat sana. Penasaran? Simak tulisan saya berikut ini!

Salah satu wisata pesisir pantai Jawa Barat yang perlu dikunjungi adalah wisata Simpenan yang berada di daerah Pantai Loji, Pelabuhan Ratu. Di sana, wisatawan akan dimanjakan oleh pantai yang dipenuhi karang, bebatuan dan pasir hitam. Selain pantai, Anda akan menemui sebuah Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu sa yang berada di atas bukit di pinggir pantainya. Ini adalah salah satu vihara yang menyajikan tempat peribadatan yang terlengkap di Indonesia.

Untuk wisata Simpenan, Anda bisa ke Desa Kertajaya atau Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat. Kira-kira jaraknya 8 km dari Terminal Pelabuhan Ratu. Posisi jalan yang perlu dipahami adalah pertigaan Cidadap, Anda ke kiri ke arah Kiara Dua yang akan menuju Ujung Genteng, sedangkan lurus ke arah Pelabuhan Ratu. Jarak pertigaan ini kira-kira 5 km sebelum Pelabuhan Ratu.

Pantai yang akan Anda temui di sana adalah Pantai Cipunaga. Jika Anda telusuri pantai ini dipenuhi karang-karang, mulai dari karang kecil dan karang besar. Di antaranya adalah Karang Perahu, Karang Bolong dan Karang Merah.

Kenapa disebut Karang Perahu? Karena karang ini berbentuk perahu yang besar. Karang ini cocok sekali untuk foto-foto untuk sekedar mengabadikan keindahannya. Selain itu disini Anda juga akan dimanjakan oleh pemandangan awan yang indah dan perbukitan-perbukitan pesisir pantai selatan yang memanjakan mata.

Selain pantai, kita bisa juga mengunjungi Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa. Posisi Vihara ini ada di atas bukit, dan untuk menuju ke sana Anda mesti melewati tangga yang lumayan banyak. Ada sedikit keanehan pada anak tangga menuju Vihara ini. Konon menurut informasi, para pengunjung tidak ada yang bisa menghitung jumlah pasti dari anak tangga tersebut. Jika dihitung, ada yang berjumlah 499, 519, dan seterusnya. Inilah yang merupakan keanehan
hitungan tersebut belum ada yang sama. Di atas, Anda akan menemui beberapa guci, tempat sembahyang dan dimanjakan panorama Pantai loji yang terbentang luas.

Selain pantai dan vihara, Anda juga dapat mengunjungi objek teropong bintang. Sayang ketika saya mengunjunginya tempat tersebut baru dipindahkan dan belum diresmikan oleh Pemda setempat. Untuk Anda yang ingin menikmati tempat ini lebih dari sehari, tersedia beberapa penginapan di sini.

This entry was posted on Tuesday, January 22nd, 2013 at 07:15 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

~ dilihat : 511 kali ~