UPI RAIH JUARA 3 DALAM TEBFC 2014

Bandung, UPI5

Program Studi Akuntansi, Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB), Universitas Pendidikan Indonesia menorehkan prestasinya di kancah Asia Tenggara. Taofik Muhammad Gumelar, Fera Tresnawati dan Arif Rahman menjadi juara tiga dalam ajang Trisakti Economics & Business Fair & Competition (TEBFC) Cabang Akuntansi, 8-10 Desember 2014.

TEBFC 2014 merupakan sebuah acara kompetisi tahunan yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti dan telah menginjak tahun ke-10. Isu tentang kesiapan Indonesia yang akan segera menghadapi ASEAN Economic Community (AEC) pada tahun 2015 menjadi perhatian tersendiri bagi bangsa Indonesia saat ini. Ide inilah yang melatarbelakangi penyelenggaraan Trisakti Economics & Business Fair & Competition, dan kemudian menjadi tema sentral yaitu “Indonesian Cultural Heritage In Facing Asean Economic Community (AEC)”.1

“Alhamdulillah, segala puji bagi Allah dan shalawat semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. Terima kasih banyak atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan Prodi Akuntansi UPI kepada kami untuk bisa mengharumkan nama baik UPI disana. Ini merupakan pengalaman pertama kami mengikuti olimpiade Akuntansi dan Alhamdulillah sudah bisa menorehkan prestasi walaupun baru sampai peringkat ke-3,” ujar Taofik Muhammad Gumelar mewakili tim UPI 1.

Terdapat tiga mata lomba yang diadakan pada acara ini, yaitu: (1) National Business Plan Competition (2) Kompetisi Bidang Akuntansi dan (3) Kompetisi Bidang Ekonomi. UPI berhasil mengirimkan dua tim yang lolos verifikasi tahap pertama untuk langsung berkompetisi di Universitas Trisakti Jakarta. Namun hanya satu tim yaitu tim UPI 1 yang beranggotakan Taofik, Fera dan Arif yang berhasil masuk ke babak final bersama lima tim lainnya, yang kemudian diharuskan menyelesaikan kasus tentang tema yang diusung dalam kompetisi bidang akuntansi yaitu “Accountant Liberalization: The Real Challenge and Opportunity Towards ASEAN Economic Community (AEC)”.2

“Kami berharap prestasi ini bisa menjadi batu loncatan bagi kami untuk bisa lebih baik lagi di ajang olimpiade akuntansi berikutnya, mengingat ini pengalaman pertama kami. Juga semoga kami dapat memberikan inspirasi kepada teman-teman mahasiswa UPI lainnya agar dapat memberikan prestasi bagi UPI,” ujar Fera.

TEBFC ini dihadiri mahasiswa yang di antaranya berasal dari berbagai universitas yang terdapat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi bahkan sampai Malaysia.

Selain 3 mata lomba yang diadakan oleh TEBFC ini, ada juga kompetisi lain yaitu Jakarta Running Man (JRM). JRM dilaksanakan pada hari terakhir TEBFC 2014 yaitu 10 Desember 2014 dan diselenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan merupakan closing event dari TEBFC 2014. JRM secara umum berupa kegiatan perlombaan atau permainan yang bersifat informal dengan peserta tim yang dikombinasikan dari berbagai perguruan tinggi. Selain untuk membina keakraban, lokasi yang dipilih juga dimaksudkan untuk lebih mengenal dan mencintai Budaya dan Sejarah Indonesia.

Taofik Muhammad Gumelar yang tergabung dalam tim 3 dalam JRM ini berhasil meraih juara pertama, bersama rekan-rekannya dari Universitas Trisakti, Universita Mulawarman (Kaltim) dan Universitas Mandala (Surabaya). (Tika Rachmatika, Mahasiswa Akuntansi, FPEB, UPI)

~ dilihat : 231 kali ~