Tingkatkan Potensi Wisata Pantai di Jawa Barat!

Oleh MUHAMMAD FAKHRI FAKHRUZZAMAN

(Mahasiswa Manajemen Resort Leisure 2012 FPIPS UPI)

WISATA adalah sebuah perjalanan yang dilakukan oleh setiap manusia di muka bumi ini dari kalangan bawah sampai kalangan atas, dari orang yang berkulit hitam sampai orang yang berkulit putih. Salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi adalah pantai. Siapa pun yang mendengar kata pantai pasti langsung memikirkan suara gemuruh ombak, cuaca yang segar jauh dari polusi seperti di kota, dan pemandangan indah yang dapat dilihat di sana.

Indonesia terkenal akan pantai-pantai indahnya karena sebagian besar wilayah Indonesia ialah wilayah perairan. Oleh karena itu tidaklah heran apabila Indonesia memiliki pantai-pantai yang sangat indah sampai-sampai terkenal hingga ke luar negeri, seperti pantai yang terdapat di Pulau Bali dan Lombok.

Di Jawa Barat juga terdapat pantai yang memiliki pemandangan yang cukup indah yaitu Pantai Pangandaran, Pantai Santolo, dan Pantai Ujung Genteng. Pantai Pangandaran merupakan pantai yang setiap tahunnya banyak dikunjungi wisatawan domestik karena  keindahannya, namun karena terlalu banyak wisatawan yang dating ke sana dan tidak menjaga keindahan pantai akhirnya Pantai Pangandaran menjadi kotor dan pemandangannya tidak sebagus dahulu.

Berbeda dengan Pantai Santolo yang terdapat di Kab. Garut dan Pantai Ujung Genteng yang berada di Sukabumi, kedua pantai tersebut masih jarang wisatawan yang mengunjunginya dan pantainya masih bersih. Namun akses menuju ke dua pantai ini masih sulit karena jauhnya tempat tujuan dan rusaknya jalan menuju ke duapantai ini. Padahal kedua pantai ini memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan pantai yang terdapat di Pulau Bali dan Lombok.

Jika pemerintah daerah lebih peduli pada pariwisata, maka seharusnya Jawa Barat memperbaiki akses jalan menuju ke dua pantai ini agar banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Akibat dari banyaknya wisatawan yang berkunjung, maka dapat menambah penghasilan masyarakat daerah dan membantu perekonomian mereka. Berbeda dengan Pemerintah Provinsi Bali yang mengedepankan wisata sebagai alat menambah perekonomian daerahnya.

This entry was posted on Monday, June 3rd, 2013 at 04:31 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

~ dilihat : 358 kali ~