Program Kreativitas Mahasiswa: Berprestasi Nyata Tingkatkan Daya Saing Indonesia

1

Oleh ROBI AWALUDDIN

(Menteri Pendidikan BEM REMA UPI Kabinet Cerdas Berkarakter 2013, Direktur LEPPIM 2011-2012, Alumni PIMNAS 2011)

Daripada mengutuk kegelapan, lebih baik membangun energi terbarukan.

PEMUDA adalah mereka yang berani bersuara keras dan berbicara lantang, bukan dengan mulutnya tapi dengan daya cipta, gagasan, inovasi dan tindakannya, bangkitlah pemuda, martabat bangsamu ada pada karyamu!

Indonesia kita tercinta, bangsa dengan karunia Ilahi yang luar biasa, bangsa dengan berbagai macam sumber daya alam yang melimpah, namun kenyataanya hampir 110 juta jiwa penduduknya hidup dibawah garis kemiskinan, tanah yang 2/3 nya adalah perairan tapi hampir 60 persen tidak memiliki akses ke air bersih, tanah kaya akan tambang tetapi 70 juta penduduknya tidak mendapat pelayanan listrik, tanah kaya akan tanaman obat tapi baru 0,06 persen yang termanfaatkan, tanah agraris dengan penyerapan 44 persen tenaga kerja tapi 70 persen masyarakat miskin adalah petani, tanah dengan megakeragaman sumber daya hayati nomor satu di dunia tapi pemanfaatannya tidak lestari dan belum menyejahterakan rakyat, pengentasan kesengsaraan dan kemiskinan masih menjadi agenda utama bangsa ini. Haruskah kita berputus asa ? tidak adakah jalan keluar ?

Mahasiswa merupakan agen perubahan yang memiliki peran strategis untuk menyelesaikan permasalahan itu semua dengan daya nalar, kreativitas, inovasi, daya cipta dan tindakannya.

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang bertujuan untuk  Mendorong pengembangan gagasan, kreativitas dan produktivitas mahasiswa sejak awal dalam hal :

ü     Penelitian (Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian),

ü     Penerapan Teknologi (Program Kreativitas Mahasiswa Teknologi)

ü     Pengembangan Kewirausahaan (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan)

ü     Pengabdian kepada Masyarakat (Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan)

ü    Karsa Cipta (Program Kretivitas Mahasiswa Karsa Cipta)

ü     Gagasan Tertulis (Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis)

ü    Artikel Ilmiah (Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) berbentuk proposal yang berisi uraian kreativitas inovasi dan daya cipta dalam bidang-bidang di atas dengan kriteria tertentu dan dikerjakan berkelompok minimal 3 orang demgan dana bantuan maksimal 12, 5 juta rupiah tiap proposal yang lolos. Dari puluhan ribu Proposal PKM, akan diseleksi sampai menjadi ratusan proposal yang akan dikompetisikan di PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), sebuah ajang bergengsi pertarungan kreativitas dan inovasi mahasiswa tingkat nasional.

UPI TOP (UPI To PIMNAS) merupakan gerakan kolektif republik mahasiswa UPI untuk saling memotivasi, berbagi info dan mempersiapkan kualitas terbaik dalam Program Kreativitas Mahasiswa ini.

This entry was posted on Sunday, August 18th, 2013 at 09:36 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

~ dilihat : 501 kali ~