Menyemangati Diri dengan Mood Booster

1

Oleh FINISH WENY ARNTANTI

(Mahasiswi UPI Prodi Internasional Program On Science Education 2012)

APA Mood Booster itu?? Istilah atau kata?? Kita pasti sering mendengar di jejaring sosial atau di kalangan remaja saat ini. Dari pertanyaan yang timbul tentang makna dari mood booster beberapa di antaranya akan dibahas di sini yaitu apasih tips untuk menjaga mood booster?? apakah baik untuk pendorong motivasi??

Mood booster adalah sesuatu hal yang dapat mendorong suasana atau pemberi semangat dan motivasi untuk kita. Mood booster dapat berupa  idola, tokoh kesukaan, atau orang tua. Memang terkadang perasaan tak menentu datang begitu saja tanpa ada alasan yang logis. Perkembangan psikologis pada tahap remaja memang akan terjadi secara alamiah dan hal itu dapat terjadi pada saat tertentu tanpa di duga-duga.

Penelitian menunjukan bahwa pada tahap awal remaja akan mengalami perkembangan emosi yang fluktuatif yang biasa disebut temperamental. Hal itu sangat wajar terjadi pada tahap awal remaja sampai fase pra dewasa. Namun kebanyakan  wanita  mengalami sifat moody daripada pria. Karena wanita cenderung memiliki perasaan yang peka dan sensitive daripada pria. Apalagi jika berada pada fase menstruasi maka seorang wanita sering mengalami perasaan sedih, senang, dan emosi tanpa terkontrol dengan baik.

Mood booster sebenarnya baik untuk perkembangan psikologis kita karena dengan adanya mood booster kita akan selalu berusaha yang terbaik dari apa yang kita bisa bahkan mungkin lebih dari itu.   Banyak hal yang dapat kita jadikan sebagai mood booster dan bukan berarti kita tidak percaya pada kualitas diri tapi hanya sebagai bentuk pencitraan diri yang sesungguhnya. Pencitraan diri yang sesungguhnya itu adalah jati diri kita sebenarnya. Itupun tergantung pada definisi tiap-tiap individu itu sendiri dalam pencarian jati diri. Seperti apakah kita ?? Siapakah kita sebenarnya ?? pertanyaan yang mudah tapi sangat sulit untuk dijawab.

Sebenarnya ada beberapa tips untuk meningkatkan mood booster yang bisa dilakukan berbagai usia dan kalangan, ada 5 tahap seperti berikut ini:

1.         Positive thinking

Aspek terpenting dalam positive thinking adalah perasaan dan pemikiran kita terhadap segala sesuatu haruslah dipikirkan secara matang dan jangan terburu buru menilai dan memutuskan. Tahap ini adalah tahap yang paling dasar untuk menghilangkan bad mood sekaligus meningkatkan mood boster karena perasaan atau feeling kita lebih tajam dari pemikiran sehingga harus diseimbangkan dengan pemikiran yang positive selama hal tesebut masih bisa di logika dan tidak menyimpang, tahap ini sangat wajib dilakukan.

2.         Tenangkan hati

Disaat gundah gulana di hati tak kunjung reda disaat itulah kita harus menenangkan hati. Hati tenang sangat menentukan mood kita sehingga perasaan dan pikiran kembali fresh.

3.         Berdoa

Tahap yang paling baik adalah tahap ini. Semua pekerjaan harus diawali dengan berdoa begitu juga sebaliknya. Berdoa merupakan kegiatan yang dapat mendatangkan keajaiban yang sangat luar biasa karena dapat membuat hati yang gelisah menjadi tenang. Jika mulai merasa bad mood kita wajib berdoa agar perasaaan kita kembali ceria lagi.

4.         Bersabar

Segala sesuatu yang terjadi bukanlah hal yang mudah untuk dilupakan. Banyak problematika kehidupan yang sulit untuk dipecahkan menjadi cambuk bagi setiap insan tuhan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Banyak hikmah yang dapat dipetik dari setiap cobaan dan juga menjadi pelajaran agar selalu berusaha untuk memperbaiki setiap kesalahan sehingga tidak terulang kembali.

Sabar adalah kunci dalam menghadapi setiap masalah yang setiap saat dan kapanpun dapat menghampiri kita. Tahap ke-4 mungkin tahap yang sedikit susah untuk dilakukan karena tahap ini harus didasarkan pada pengembangan emosi pada diri kita. Hal tersebut diperlukan pengendalian diri. Pengendalian diri penting dilakukan untuk mengontrol emosi yang ada dalam diri kita. Emosi sebenarnya tidak terlalu buruk jika sesuai dengan takaranya dan lingkup masalah yang terjadi. Namun jika suatu masalah bisa dihindari dan dibicarakan dengan baik-baik perlukah kita meluapkan emosi yang sebenarnya sangat merugikan untuk diri kita sendiri seperti rugi waktu, tenaga, dan perasaan. Jadi lebih baik diam daripada berbicara sesuatu yang tidak perlu dan tidak berguna.

5.         Tawakal kepada Allah SWT

Berserah diri kepada Allah SWT sangat penting dilakukan oleh kita sebagai hamba-Nya. Sebelum bertawakal kita dianjurkan untuk berusaha dengan sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin. Karena usaha dan doa harus selaras supaya apa yang kita impikan dapat tercapai. Untuk meningkatkan mood booster tahap akhir ini dapat dilakukan karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Percayalah bahwa alloh tidak akan menguji suatu kaum diluar batas kemampuan kaum itu sendiri. Seperti pepatah mengatakan semakin tinggi pohon maka semakin kencang pula angin yang meniupkanya. Hal tersebut dapat menggambarkan bahwa setiap manusia diberi akal yang sempurna oleh alloh untuk digunakan, maka sebagai manusia yang diberi akal harus menggunakanya dengan sebaik-baiknya khususnya dalam penyelesaian masalah hidup yang sangat kompleks. Selalu menyerahkan diri kepada alloh dan memohon petumjuk-Nya agar diberikan solusi yang terbaik adalah hal yang sangat dicintai alloh SWT. Jika kita sudah bertawakal maka insya Alloh akan membuat masalah yang kita hadapi dapat segera teratasi dengan baik.

Dari 5 tahap yang telah disebutkan diatas mungkin masih begitu standar tapi dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hidup adalah suatu perjuangan yang layak untuk diperjuangkan karena setiap makhluk yang ada di bumi ini diciptakan sebagai khalifah untuk menjaga bumi ini. Setiap detik waktupun akan terus berjalan layaknya roda yang akan terus berputar, kadang kita berada diatas dan dibawah. Tergoyahnya hati dan keimanan dapat terjadi setiap waktu jika masalah di hidup kita tidak kunjung berakhir. Tapi jangan pernah menyerah pada keadaan, tetaplah lakukan yang terbaik dan yakin bahwa suatu saat nanti semua akan indah pada waktunya jika kita percaya dan bersungguh-sungguh untuk membuat hidup kita bermakna. Mood booster sangat baik untuk dijadikan penyemangat dalam hidup layaknya perumpaan hidup tanpa cinta seperti tak berarti dan berwarna maka mood booster baik adanya. Semoga dapat dijadikan acuan untuk kehidupan yang lebih baik.

This entry was posted on Monday, March 4th, 2013 at 10:28 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

~ dilihat : 589 kali ~