Mengobarkan Semangat Peneliti Muda Besama Leppim UPI

Bandung, UPI2

Young Researchers Training (YRT) merupakan salah satu kegiatan studi lapangan yang diadakan 28 Februari sampai dengan 1 Maret 2015, di Villa Joglo, Kelurahan Sariwangi, Kecaatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Kegiatan ini bertujuan membentuk kepemimpinan yang berkarakter dan mempersiapkan calon peneliti ilmiah yang siap berkarya di ajang keilmiahan, baik jenjang lokal, regional, nasional maupun internasional.

Bentuk kegiatan meliputi, penyampaian materi penelitian, studi pendahuluan ke masyarakat dengan tujuan pembuatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), simulasi materi kepemimpinan dalam bentuk outbond dan pengakraban antara pengurus dan anggota muda Leppim UPI.

Jang Hendar Direktur Leppim UPI periode 2014-2015, mahasiswa Pendidikan Elektro memaparkan bahwa sebagai peneliti, “Kami Leppim UPI berkata tak hanya bicara, berkarya untuk solusi nyata, tak hanya berdiam di sarang sendiri, namun mencoba terbang bersama menggapai mimpi.”3

Hal yang sama diungkapkan salah seorang peserta YRT yaitu Fikri Fauzi Ma’mur, mahasiswa PKN. Ia mengungkapkan bahwa sebagai seorang peneliti perlu wadah seperti Leppim ini, menjadi keluarga yang mampu meningkatkan atmosfer penelitian.

Dengan penelitian ini terwujud pemimpin yang berkarakter juga mampu memiliki daya kemampuan meneliti yang tinggi untuk membuktikan hipotesis dan peningkatan keilmuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, untuk menjaring dan mendapatkan calon regenerasi yang memiliki jiwa kepemimpinan dan meneliti tinggi, UKM Leppim UPI memprogramkan dan menyelenggrakan kegiatan Young Researchers Training alur kaderisasi Leppim, sebagai tindak lanjut dari Leppim Intensive Class (LIC) dengan tema “Kobarkan Semangat Peneliti Muda Besama Leppim UPI” sebagai kegiatan penting dalam mendapatkan benih estafet para pejuang yang berkualitas, unggul, ilmiah dan religius. (Hani Nurhasanah)

1

~ dilihat : 196 kali ~