Mengenal Konsep Sains Bertauhid (1)

1

Oleh ROBI AWALUDDIN

(Mahasiswa Pendidikan Ekonomi – Institute for Research and Islamic Civilization Study – Universitas Pendidikan Indonesia)

GAGASAN Islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer muncul sebagai respons atas terjadinya dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum /sains yang merupakan hasil buah pemikiran Barat-sekular dan budaya masyarakat modern yang dimasukkan ke dunia islam. Kemajuan yang diperoleh sains modern saat ini memang telah membawa pengaruh yang sangat signifikan, namun di sisi lain juga membawa dampak yang buruk yang harus segera dicarikan penyelesaiannya, karena sains modern (barat-sekular) kering akan nilai bahkan terpisah dari nilai ilahiah (agama).

Selain itu, islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer juga merupakan reaksi atas krisis sistem pendidikan yang dihadapi umat islam saat ini, yakni adanya dualisme model pendidikan yang membedakan paradigma pendidikan agama dan pendidikan modern yang membingungkan umat islam. Dapat dicontohkan, saat ini orang tua akan lebih bangga menyekolahkan anaknya ke sekolah umum dan dapat menjadi ahli dalam satu disiplin ilmu umum saja tanpa pernah memperdulikan apakah sang anak bisa mengaji atau tidak.

Sementara itu, menurut Dr. Wendi Zarman Wacana sains Islam adalah wacana yang sangat filosofis yang berakar dari pemikiran mengenai hakikat ilmu di dalam Islam. Maka ketika berbicara ilmu (sains), maka disitu terkait dengan apa makna ilmu, tujuan mencari ilmu, penggolongan ilmu, makna kebenaran, tingkatan wujud (realitas), saluran-saluran ilmu, makna alam (yang satu akar kata dengan ilmu), metodologi penarikan kesimpulan, adab-adab menuntut ilmu, dan lain sebagainya. Maka proses islamisasi ilmu alam (sains) tidak lain adalah mengislamkan persoalan-persoalan di atas dengan cara meletakkannya dalam kerangka pandangan hidup Islam (Islamic Worldview). (Bersambung)

This entry was posted on Thursday, April 4th, 2013 at 11:43 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.