Mengatasi KecemasanMatematika

1

Oleh AQFIL M.

(Mahasiswa Pendidikan Matematika, FP MIPA UPI)

APA itu kecemasan matematika? Kecemasan matematika atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan math anxiety atau math phobia menurut Mark H. Ashcraft, Ph.D adalah “perasaan tegang, cemas, atau takut yang mengganggu kinerja matematika”. Jadi, jika seseorang suka merasa tegang, cemas, takut saat belajar atau saat mengerjakan soal Matematika, mungkin dia sedang mengalami kecemasan matematika.

Orang yang mengalami kecemasan matematika biasanya merasa tidak mampu untuk mengerti konsep matematika, merasa tidak percaya diri, takut dan malu tidak bias mengerjakan soal matematika.

Kecemasan matematika bias muncul kapan saja dan terkadang muncul secara mendadak saat ujian atau saat belajar matematika dan orang yang mengalaminya tidak hanya orang yang lamban dalam memahami konsep matematika, orang yang kesehariannya bagus dalam matematika pun bias mengalami kecemasan matematika.

Kecemasan matematika merupakan masalah yang bersifat emosional, tapi kecemasan matematika bias memengaruhi kemampuan seseorang dalam belajar atau menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan matematika, sehingga prestasi di bidang matematika bias menurun.

Apa saja penyebab kecemasan matematika?

Banyak hal yang bias menyebabkan kecemasan matematika, seperti pengalaman buruk saat belajar matematika,frustasi karena lamban saat menguasai konsep matematika, percaya akan mitos dalam belajar matematika seperti matematika itu sulit, beberapa orang memiliki kecerdasan lebih dalam matematika dan yang lainnya tidak,  dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana cara mengatasi kecemasan matematika? Banyak cara mengatasi kecemasan matematika. Di sini akan dijelaskan beberapa cara yang mungkin bias dipakai oleh pelajar dan guru,antara lain:

Bagi pelajar:

  • Belajar matematika dari dasar.

Banyak pelajar yang pengetahuan dasar-dasar matematikanya masih lemah, sehingga dia akan kesulitan ketika berhadapan dengan materi matematika yang  cukup kompleks.

Berpikirlah positif, jangan anggap matematika itusulit, yakinlah bahwa materi matematika bias dikuasai. Jangan berpikir negative ketika lamban dalam menguasai konsep matematika, karena tingkat waktu penguasan materi matematika seseorang berbeda-beda.

Belajarlah untuk mengontrol rasa cemas denganbersikap tenang.

  • Belajar sambil mendengarkan musik klasik.

Bagi guru :

  • Tanamkan motivasi pada murid, agar murid semangat dan percaya bahwa mereka bias menguasai materi matematika.
  • Jangan menggunakan metode menghafal rumus. Murid harus bias menguasai konsep secara mendasar, jika murid hanya menghafal rumus, akan mudah lupa.
  • Berikanlah contoh soal matematika secara bertahap dari yang sangat mudah sampai yang kompleks.
  • Buatlah kelas matematika senyaman mungkin.

This entry was posted on Saturday, March 9th, 2013 at 04:55 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

~ dilihat : 627 kali ~