Leppim Gelar Workshop, “UPI Emas Jawara Pimnas”

Bandung, UPI1

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Penelitian dan Pengkajian Intelektual Mahasiswa (UKM Leppim) menyelenggarakan workshop PKM UPI 2015, Sabtu (21/2/2015), di Auditorium Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) UPI Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Workshop ini merupakan kegiatan rutin bekerja sama dengan UPI membahas tentang PKM KT meliputi PKM-GT dan PKM-AI dengan jargon, “UPI Emas Jawara Pimnas”.

Direktur UKM Leppim UPI yaitu Jang Hendar dari Departemen Pendidikan Teknik Elektro menyampaikan bahwa workshop PKM ini diharapkan dapat menjadi pemicu semangat dan membuka informasi mengenai PKM KT.  Hal yang sama juga diungkapkan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kemahasiswaan, Kemitraan dan Usaha, Prof. Dr. H Dadang Sunendar, M.Hum sangat menekankan bahwa sebagai mahasiswa harus bias menuangkan ide atau gagasan menjadi sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui penelitian yang ditulis dalam bentuk PKM-AI dan PKM-GT ini.2

Workshop PKM UPI, terdapat beberapa rangkaian acara yaitu Motivasi Pembuatan PKM dan Talkshow Finalis Pimnas 2014. Motivasi pembuatan PKM disampaikan oleh Kang Ade Suyitno, S.Pd. Sedangkan pembicara di Talkshow Finalis Pimnas 2014 yaitu Kang Rio dari IPB, Kang Atep danTeh Dewinda dari UPI. Materi dalam motivasi pembuatan PKM merupakan pematerian tentang motivasi dalam penulisan PKM, disampaikan dalam bentuk presentasi dengan tujuan memberikan gambaran umum tentang pengertian, keuntungan dan urgensi pembuatan PKM bagi mahasiswa dan dampaknya terhadap Universitas dan masyarakat.

Selain itu disampaikan pula bagaimana sistematika penulisan PKM yang benar. Untuk acara talk show merupakan diskusi mengenai pengalaman mahasiswa yang menjadi finalis di Pimnas 2014 yang telah diselenggarakan di Universitas Diponegoro (Undip) sehingga peserta mendapat gambaran bagaimana alur dalam PKM serta keuntungan yang diperoleh melalui PKM. (Hani Nurhasanah)

~ dilihat : 216 kali ~