Khasiat Cokelat di Hari Valentine

Oleh AD’N FEBY ABDILLAH

(Mahasiswa Program Studi Keperawatan FPOK UPI)

coklatVALENTINE day adalah hari di mana yang disebut oleh banyak orang sebagai hari kasih sayang. Biasanya mahasiswa yang sedang menjalin hubungan dengan pasangan sangat menunggu hari ini. Tapi kali ini saya tidak akan menjelaskan valentine day secara rinci. Valentine day identik dengan jenis makanan yang sangat populer, yaitu cokelat. Dalam valentine day cokelat biasanya diberikan kepada pasangan atau seseorang yang disayanginya sebagai simbol kasih sayang.

Cokelat adalah makanan yang diolah dari tanaman theobroma caccao. Istilah cokelat itu sendiri berasala dari bahasa suku Aztec, yaitu xacolatl yang berarti minuman pahit. Selain sebagai bingkisan pada valentine day, ternyata banyak sekali khasiat cokelat terhadap kesehatan manusia.

Dalam cokelat terkandung zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti antioksidan. Kandungan antioksidan yang terdapat pada cokelat sangat baik bagi tubuh, misalnya antioksidan polifenol. Antioksidan polifenol adalah senyawa yang dapat mengoksidasi lemak jahat, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain terdapat anti oksidan polifenol dalam cokelat juga mengandung senyawa antioksidan flavanol yang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Selain itu juga, ternyata cokelat sangat membantu untuk penurunan tingkat stress mahasiswa, mengapa seperti itu? Dalam cokelat mengandung molekul psikoaktif yang membuat para pengkonsumsinya itu merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat seperti, caffein, theobromine, methyl-xantine, dan phenyletylalanine dapat memperbaiki mood,dan mengurangi kelelahan.

Masih banyak lagi khasiat dalam cokelat yang kita konsumsi, namun ada baiknya kita tidak mengkonsumsi cokelat secara berlebihan. Kita memberikan cokelat kepada seseorang yang kita anggap berharga itu tidak selalu dengan niat kasih sayang, tapi lebih daripada itu dari cokelat yang kita beri ternyata banyak manfaat yang baik untuk kesehatan orang yang kita cintai.

This entry was posted on Thursday, February 14th, 2013 at 06:28 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

~ dilihat : 435 kali ~