Kabumi Tampil di TV Bersama Irfan Hakim

Bandung, UPI1

Kabumi UPI show bersama Irfan Hakim, Rina Nose, Ivan Gunawan, So Imah, Inul Daratista dan artis lainnya dalam tema ‘Sunda’ di salah satu program televisi swasta, Senin (2/2/2015).  Kabumi UPI mengisi acara dalam program ‘D’Terong Show’ menampilkan beberapa materi garapan di antaranya dalam pembukaan acara Gamelan, Kabumi mengiringi Rina nose yang membawakan tari jaipong (kembang tanjung), dilanjutkan tari (Topeng Kelana) oleh Irfan Haki yang merupakan anggota Kabumi UPI.

Meskipun bukan mahasiswa UPI, namun Irfan Hakim adalah anggota Kabumi UPI sebelum ditetapkannya Kabumi sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa. Lalu penampilan spesial dari Kabumi UPI dengan angklung sebagai cirri khasnya adalah dengan membawakan lagu Goyang Karawang dan Pacar 5 Langkah yang dinyanyikan oleh So Imah sebagai vokalis.2

Langsung di Studio Lima, Kabumi pun mengajarkan ‘how to play’ angklung kepada penonton yang ada di studio dengan membawakan lagu Cicak-cicak di Dinding dan Oplosan. Dalam belajar bermain angklung (how to play), baik artis yang terlibat maupun penonton yang ada dalam studio sangat antusias bahkan Ivan Gunawan menuturkan saat bermain angklung bersama, “Saya ko mainnya hanya sedikit yah?” ujar Ivan ketika How To Play Angklung.

Diundangnya Kabumi UPI untuk mengisi acara merupakan bentuk kepercayaan media atau televisi swasta terhadap grup kesenian yang ada di bawah naungan Universitas Pendidikan Indonesia. UPI dapat membina Unit Kegiatan Mahasiswa (grup kesenian) untuk konsisten terhadap upaya mengembangkan kemampuan mahasiswa selain dalam bidang akademik mahasiswa UPI pun memiliki pengalaman dan kemampuan non akademik di bidang seni budaya.

Menurut Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa Kabumi UPI Andika Hidayatulah, kegiatan ini merupakan salah satu dari misi Kabumi UPI yaitu misi kebudayaan di mana untuk melestarikan dan memperkenalkan kepada masyarakat luas kesenian tradisional khususnya Jawa Barat.3

Sementara menurut Bidang Komunikasi & Promosi UKM Kabumi UPI “Kegiatan ini pun selain bertujuan membawa nama baik Universitas Pendidikan Indonesia memberikan pengalaman kepada mahasiswa secara nyata dalam misi kebudayaannya, sehingga mahasiswa UPI patut berbangga memiliki pengalaman lebih setelah lulusnya ia dari perguruan tinggi ini.” (Andi Aji Setianata, Pendidikan Geografi,  Pengurus Bidang Komunikasi & Promosi Kabumi)

~ dilihat : 268 kali ~