IPSE, Pendidikan Sains Bertaraf Internasional

wida nur

Oleh : WIDA NUR WAHYU PRATIWI

(Mahasiswi International Program on Science Education, FPMIPA UPI)

JAMAN modern ini, masyarakat di seluruh dunia berlomba-lomba untuk menjadi seseorang yang mempunyai perandan atau kedudukan tinggi, khususnya di Indonesia. Salah satunya ialah dalam hal pendidikan dan pekerjaan, setiap orang pasti ingin mendapatkan pendidikan dan pekerjaan yang berkualitas tinggi dan layak untuk digunakan tidak hanya di dalam negaranya saja, tetapi juga layak di seluruh dunia. Di jaman yang  serba canggih ini, semua orang pasti ingin menguasai banyak ilmu, seperti kemampuan berbahasa asing. Sekarang, sangat banyak sekolah-sekolah internasional dibuka di Indonesia, dan cita-cita para siswa yang ingin menjadi guru mungkin mulai pudar karena untuk menjadi  guru internasional adalah hal yang tidak mudah untuk di raih.

Ada dua faktor yang kemungkinan besar membuat cita-cita para siswa untuk menjadi guru internasional menjadi susah untuk tercapai. Beberapa faktornya adalah faktor georafis, dimana seorang siswa harus meninggalkan negaranya untuk jangka waktu yang cukup lama.Hidup dengan lingkungan dengan bahasa dan budaya yang berbeda dengan budaya Indonesia .Apalagi orang Indonesia mempunyai budaya yang sangat kuat, khususnya dalam budaya kekeluargaan .Pastinya orang tua tidak menginginkan anak-anaknya tinggal jauh dari mereka dan juga budaya-budaya asing yang sangat dikhawatirkan akan mempengaruhi anak-anak mereka melupakan identitas nasional mereka sebagai warga negara Indonesia.

Faktor kedua adalah biaya hidup dan biaya kuliah yang tinggi yang kemungkinan besar tidak terjangkau dibandingkan dengan biaya hidup dan biaya kuliah di Indonesia.Oleh karena dua faktor tersebut,  para orang tua mulai cemas tentang masa depan anak-anak mereka dan pasti masih memikirkan bagaimana caranya anak mereka bisa meraih cita-cita mereka tanpa ada faktor penghalang seperti yag dicontohkan sebelumnya. Pada akhirnya, orang tua akan mendorong anaknya untuk meneruskan perguruan tinggi mereka di Indonesia karena gaya hidup yang sesuai dan biaya kuliah yang terjangkau

Pendidikan sains adalah salah satu bidang yang luas yang berkembang sangat cepat dan mempunyai deman yang sangat tinggi. Pendidikan sains juga termasuk mata pelajaran yang wajib di pelajari oleh siswa-siswa sekolah dasar sampai sekolah menengah, ini karena sains adalah sesuatu ilmu yang penting dimana ilmu ini terkait dengan banyak hal di dalam kehidupan kita .Banyaknya teknologi canggih yang ditemukan pada masa ini yang kebanyakan di bantu oleh teori-teori sains. Pendidikan sains bisa di klasifikasikan sebagai pendidikan Biolgi, Kimia dan Fisika.

Dengan mengkombinasikan pelajaran-pelajaran tersebut, siswa akan mempunyai pilihan yang lebih banyak untuk fokus ke bidang-bidang yang berkaitan dengan sains yang lebih spesifi, contohnya dengan mempelajari Biologi dan Kimia, siswa bisa mengambil bidang kedokteran suatu saat nanti, jadi pendidikan sains itu adalah suatu ilmu yang luar biasa luasnya. Ternyata, solusinya ada di salah satu program studi di Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Pendidikan Indnesia!

International Program On Science Education (IPSE) ialah sebuah program sudi perguruan tinggi baru di Universitas Pendidikan Indonesia, yang mana semua mata pelajaran sains (Bilogi, Kimia dan Fisika) akan dipelajari oleh mahasiswa dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Program ini berjalan sejak tahun 2009, dan jumlah mahasiswa yang mengikuti program ini sekarang semakin meningkat. Setiap mahasiswa yang lulus dari program ini akan menjadi guru sains menengah bawah di sekolah-sekolah yang bertaraf internasional. Program ini bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk para siswa yang bercita-cita untuk di guru yang bertaraf internasional, dan para orang tua tidak perlu mencemaskan apa pun, karena mereka masih di negara yang sama dengan anak-anak mereka. Sekarang, cita-cita para siswa untuk menjadi pendidik bertaraf internasional dan ‘up to date’ akan tercapai dengan mudah di raih di negara sendiri.

This entry was posted on Wednesday, November 6th, 2013 at 08:44 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

~ dilihat : 1682 kali ~