Informatika Bermata Dua

Oleh : Hanifah Putri Darmawanti

(Mahasiswi Prodi International Program on Science Education, FPMIPA UPI- 2013)

KITA mengetahui bahwa teknologi ada untuk memberikan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Berbagai teknologi telah kita kenal sehingga kita semakin mudah dalam menjalani hidup ini. Tidak terkecuali keberadaan SMS (Short Message Service). Munculnya teknologi ini memudahkan kita dalam mengirimkan informasi ke semua orang meskipun dipisahkan jarak yang jauh.

Kita juga mengetahui bahwa SMS juga membutuhkan biaya. Pengguna yang telah terpikat dengan layanan ini, tentu akan menggunakan berbagai cara agar terus bisa menggunakannya. Ketertarikan masyarakat terhadap layanan ini membuat beberapa pihak ingin menarik keuntungan secara ilegal, yaitu melakukan penipuan SMS yang memberikan dampak berkurangnya pulsa pengguna yang terkena penipuan.

Jika kita telaah, penggunaan teknologi SMS pasti ada yang mengendalikan hingga menjadi layanan sehebat ini. Hal itu adalah ilmu informatika, ilmu yang mempelajari tentang pengolahan suatu data.
Berdasarkan kenyataan di awal, hasil dari pengolahan data yang dilakukan dengan benar dapat memberikan layanan yang sangat membantu, namun jika ilmu yang mengendalikan teknologi disalahgunakan, kita dapat melihat akibatnya dari penipuan SMS tersebut.

Jadi, berhati-hatilah kita jangan sampai terlena dalam SMS yang tidak diketahui asal-usulnya. Dan maksud dari bermata dua itu, bisa mempunyai dua efek dan bisa memberikan manfaat yang besar. Di sisi lain memberikan kerugian yang besar jika tidak digunakan dengan benar.

Bagaimana seseorang bisa terkena penipuan? Intinya begini loh. Bakal ada SMS yang masuk ke pengguna (handphone), jika pengguna/korban tersebut membalas SMS yang tidak dikenal, maka langsung ter-setting pulsanya dan akan tersedot terus. Jadi ya harus hati-hati. Mereka itu selalu licik dengan berbagai cara. Tapi jika di gunakan dengan baik, pasti akan memberikan manfaat untuk kita.

Sebenarnya banyak sih teknologi zaman sekarang. Apapun yang kita butuhkan selalu terpenuhi secara singkat dan ga repot. Kamera pengintai juga bisa dibilang Informatika bermata dua. Karena bisa melihat atau merekam kejadian apapun didalamnya. Jadi kita tak perlu mengintai oleh diri kita sendiri. Cape kali. Buat di sekolah juga bisa. Merekam peserta didik yang menyontek misalkan. Dan dampak negatifnya jika disalahgunakan, mungkin kamera pengintai ini untuk sesuatu yang membahayakan, misalkan digunakan oleh penjahat, mengintai seseorang yang beruang (memiliki uang banyak). Dan lain sebagainya.

Pokoknya banyak deh manfaatnya, yang sederhana itu bisa mengirimkan informasi tanpa mempedulikan jarak. Jadi bisa lebih santai gitu. Bisa juga sebagai pengontrol, sekarang ada loh, kita bisa mengendalikan sistem lewat SMS. Misalnya mau mengecek kemacetan di jalan lewat SMS, dan sebagainya, dan banyak lagi manfaat penggunaan teknologi ini.

This entry was posted on Tuesday, October 22nd, 2013 at 09:25 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.