Belajar Berbahasa Pengantar Bahasa Inggris, Kenapa Tidak?

riana

oleh : RIANA NURISMAWATI

(Mahasiswa Program Studi International Program on Science Education, FPMIPA UPI- 2013)

BAGAIMANA rasanya kita belajar suatu pelajaran tapi pengantarnya menggunakan bahasa inggris? Apalagi pelajarannya itu pelajaran yang selalu berhubungan dengan angka-angka dan pastinya hitung-menghitung serta tidak sedikit muncul kata-kata ilmiah yang asing dan jarang terdengar oleh telinga kita di kalangan umum.. Sekaligus pelajaran yang masih banyak ditakuti siswa-siswa sekolah tapi diincar siswa-siswa sekolah untuk masuk di jurusan tersebut. Ya, pasti kita tahu pelajaran yang dimaksud adalah pelajaran IPA.

Memangnya ada program studi yang mempelajari IPA di UPI? Ya, ada. Sejak tahun 2009, pelajaran yang terdiri Fisika, Kimia dan Biologi ini telah dibuka program studinya oleh UPI. Namanya International Program on Science Education atau biasanya disingkat dengan IPSE. Artinya, Pendidikan IPA program Internasional. Jadi, kita mempelajari pelajaran Fisika, Kimia, Biologi bahkan Matematikanya pun dengan menggunakan bahasa inggris. Lulusan dari program studi IPSE ini lebih ditujukan untuk menghasilkan guru-guru yang bersiap mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) berbasis Internasional.

Bagi sebagian orang mungkin akan berpikir sama saja seperti belajar di SMA, karena mempelajari banyak pelajaran. Tentang Fisika, Kimia dan Biologi bahkan Matematika. Tapi, disinilah tantangannya. Secara tidak langsung bahkan tanpa sadar, kita belajar dua pelajaran sekaligus di tiap mata kuliahnya. kita bukan hanya mempelajari pelajaran IPA, tapi belajar bahasa inggris juga. Mungkin seperti pepatah yang mengatakan ‘Sekali dayung, dua atau tiga pulau terlampaui’.

Apakah ini akan terlihat menyulitkan? Mengingat penggunaan bahasa Inggris masih belum terlalu sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi dalam proses belajar mengajar. Awalnya, mungkin sebagian dari kami yang masuk program studi IPSE ini memang sedikit ragu, apakah bisa atau tidak, tapi setelah proses belajar-mengajar berlangsung saya merasa tidak ada hambatan yang kentara akan bahasa pengantar ini. Bilamana kita tidak mengerti, bukankah itu menjadi salah satu pendorong yang kuat untuk meningkatkan cara belajar kita? Untuk bisa belajar melebihi rata-rata orang lain dan untuk bisa segera fasih berbahasa inggris tetapi juga ahli dalam bidang IPA. Jadi, bagi teman-teman terutama IPSE yang merasa seperti sulit belajar di sini, ada baiknya coba untuk meyakinkan diri sendiri bahwa kita bisa dan akan terus belajar  Bukan menjadi merasa tertekan tapi justru termotivasi. Semangat!

This entry was posted on Tuesday, October 22nd, 2013 at 09:43 and is filed under Lain-lain. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

~ dilihat : 540 kali ~