Wisuda Semester Ganjil (101) Tahun Akademik 2014/2015 Universitas Negeri Jakarta

Humas UNJ 24/03/2015, Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Universitas Negeri Jakarta kembali menyelenggarakan acara Wisuda bagi para mahasiswa dan mahasiswi D3, S1, S2, dan S3 yang telah menyelesaikan perkuliahannya. Kegiatan wisuda seperti ini menjadi sebuah tradisi universitas, untuk melepas para lulusan di setiap semester, sebagai penanda bahwa para mahasiswa dan mahasiswi telah menyelesaikan kewajiban akademik sebagai mahasiswa UNJ. Saat ini, Universitas Negeri Jakarta telah melaksanakan wisuda sebanyak 1.908 orang lulusan, yang terdiri dari program Diploma III 82 orang, Sarjana 1.327 orang, Magister 295 orang, dan Doktor 204 orang. Sampai dengan semester ini, jumlah alumni UNJ sebanyak 95.512 orang. Saat ini UNJ memiiki  jumlah alumni yang hampir mendekati angka 100 ribu orang, maka UNJ memiliki potensi yang besar untuk  berperan serta dalam proses pembangunan bangsa Indonesia. Sejak perubahan status IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta pada tahun 1999 UNJ tidak lagi hanya menghasilkan sarjana di bidang kependidikan, tetapi juga menghasilkan sarjana di bidang non kependidikan.

Dalam pidatonya Rektor UNJ Prof. Dr. Djaali, mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Selain itu beliau menjelaskan bahwa para wisudawan dan wisudawati berada di tengah masyarakat yang majemuk, yang berarti berbagai proses interaksi akan terjadi, seperti bekerjasama, saling membantu dan tolong menolong, dan membangun organisasi. Namun, mereka juga akan menghadapi persaingan yang tak mungkin dihindari.

Dalam hal ini Rektor  menyampaikan 3 hal pokok yang berkaitan dengan wisudawan dan civitas akademika UNJ, yaitu Kesiapan wisudawan UNJ dalam menghadapi tantangan dan kompetisi global, Upaya UNJ untuk meningkatkan mutu lulusan dan Peran UNJ dalam pembangunan nasional, karena fokus utama yang terkait dengan Universitas Negeri Jakarta adalah ASEAN ECONOMIC COMMUNITY 2015 Single Market and Production Based yang menyepakati 5 (lima) hal yang berkenaan dengan arus bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas investasi, arus modal yang lebih bebas, dan yang terkena langsung pada fokus inti Universitas Negeri Jakarta  yaitu arus bebas tenaga kerja terampil. Hal ini terkait dengan pengesahan ASEAN Vision 2020 yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan pergerakan tenaga profesional dan jasa lainnya secara bebas di kawasan ASEAN, karena dampak langsung dari Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 adalah pengakuan (recognition) seperti tertera dalam Mutual Recognition Agreement (MRA) atau kesepatan pengakuan timbal balik untuk bidang jasa profesional.  Hal ini berarti bahwa apa yang diproses dan dihasilkan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) harus memperoleh pengakuan dari negara lain, minimal negara anggota ASEAN, sehingga isu penting dalam hal ini adalah peningkatan mutu proses penyelenggaraan akademik yang dapat direkognisi oleh pihak-pihak lain, nasional, regional, dan internasional. Dengan demikian, upaya peningkatan mutu lulusan harus merupakan prioritas utama UNJ.

Share this

~ dilihat : 208 kali ~