Usung Aplikasi “Kalkulator of Oocytes”, Dosen UI Jadi Dosen Berprestasi Tingkat Nasional

Budi WiwekoFokus meneliti kesehatan reproduksi di Indonesia, Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG menciptakan aplikasi Indonesian Kalkulator of Oocytes. Aplikasi tersebut merupakan penerapan dari penelitiannya bersama tim dengan topik “Dari UI Membangun Kesehatan Reproduksi Indonesia”. Aplikasi yang bisa diunduh gratis di Google Play ini dapat memberi informasi tentang umur biologis.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna aplikasi dapat mengetahui kadar Anti Mullerian Hormone (AMH). AMH dapat digunakan untuk mengetahui jumlah cadangan ovarium dan memprediksi usia biologis lebih awal sehingga dapat memprediksi kesempatan pasien mendapatkan kehamilan dari teknologi reproduksi berbantu (TRB). Hasil normogram pada studi ini dapat dijadikan pedoman referensi blog bagi dokter ketika melakukan konsultasi dengan pasien gangguan infertilitas.

Atas penelitiannya tersebut, Budi Wiweko dinobatkan sebagai juara pertama Dosen Berprestasi Tingkat Nasional dalam Anugerah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi 2015, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Penghargaan diserahkan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, Ph.D., Oktober 2015 lalu.

Budi yang juga menjabat Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran UI telah menghasilkan berbagai publikasi riset skala nasional dan internasional. Budi aktif dalam beberapa organisasi internasional seperti International Society for Fertility Preservation (ISFP) Asia Pasific Initiative on Reproduction (ASPIRE), dan International Federation of Fertility Society (IFFS). Salah satu kegiatan yang ia ikuti adalah The 4th World Congress of International Society for Fertility Preservation di Shanghai, China 13—15 November 2015. Dalam kongres tersebut, Budi mempresentasikan penelitiannya tentang fertility preservation di Indonesia.

Penulis: R. A. Khairun Nisa


~ dilihat : 90 kali ~