UPI, ULM, dan Unila Tandatangani Program Permata

6

Bandung, UPI

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Lambung Mangkurat (ULM), dan Universitas Lampung (Unila) sepakat melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman untuk mengadakan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dituangkan dalam Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (Permata), Rabu (5/10/2016).

3

Nota Kesepahaman tersebut berisi tentang perjanjian kerjasama sebagai upaya bersama untuk melaksanakan Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara (Permata). Dalam program tersebut, masing-masing universitas menerima dan mengirimkan dua orang mahasiswanya yang sedang duduk di semester lima untuk mengikuti Program Permata selama enam bulan atau satu semester, ungkap Rektor UPI Prof. H. Furqon, Ph.D., saat ditemui di Ruang Rapat gedung University Center Kampus UPI Jalan Dr. Setiabudhi Nomor 229 Bandung.

Rektor mengatakan,”Memang dalam perkembangan pendidikan dan pergaulan global, kolaborasi pendidikan lebih efisien dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi masing-masing. Gagasan Program Permata baik untuk menambah wawasan akademik, menambah nuansa baru kultur akademik, serta sebagai sarana untuk memperkokoh NKRI. Diharapkan makin banyak kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya walaupun tidak disebut sebagai Program Permata, untuk melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang berdaya saing.”

1Dalam kesempatan yang sama, Kepala UPT Layanan Internasional Arief Budiman, S.E., M.Mktg, Ph.D., yang mewakili Rektor Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc., mengatakan bahwa kami sangat mendukung Program Permata ini dalam rangka membuka wawasan untuk menimba ilmu di Nusantara. Menurut informasi dari mahasiswa yang mengikuti program ini, mereka sangat menikmati kesempatan ini. Adapun biayanya dari KemristekDikti hanya untuk dua orang. Ke depan, kita akan inisiasi dengan anggaran mandiri, dan diharapkan dapat berkembang ke fakultas lainnya.

2Sementara itu, Rektor Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.S., didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan TIK Prof. Dr. Mahatma Kufepaksi, S.E., M.Sc., mengatakan,”Kedatangan kami ke UPI adalah dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman Program Permata. Ide program ini muncul dalam rangka upaya bagaimana perguruan tinggi di daerah bisa ikut menikmati kultur budaya akademik di perguruan tinggi unggulan di Indonesia. Program ini sangat penting bagi perguruan tinggi di daerah agar bisa meningkatkan mutu, dan daerah bisa menikmati layanan pendidikan yang lebih baik.”

Lebih lanjut dikatakan, kami ucapkan terima kasih kepada para pihak atas hadirnya program ini, diharapkan ke depan perguruan tinggi di daerah bisa lebih berkembang dan sejajar. Dampak iklim akademik diharapkan menjadi lebih bagus serta ada kegairahan dalam belajar. (dodiangga/Azis)

4

5

~ dilihat : 23 kali ~