UPI Purwakarta Menggelar Pelatihan Siaga Bencana

1-1Purwakarta, UPI

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Sejati Mahasiswa Keguruan (UKM PAS Mahaguru) Universitas Pendidikan Indoensia Kampus Purwakarta menggelar Pelatihan Siaga Bencana, 23-24 Oktober 2015, di Aula Barat UPI Purwakarta.

Pelatihan Siaga Bencana ini memberikan pelatihan, simulasi dan materi yang berkenaan dengan PPGD yang diisi oleh PMI Purwakarta, Mitigasi bencana oleh BPBD Provinsi Jawa Barat, dan Konseling Traumatik yang diisi oleh salah satu dosen di UPI Purwakarta Idat Muqodas, M.Pd.

Pelatihan diikuti oleh 40 peserta yang terdiri atas mahasiswa UPI Purwakarta. Terlihat antusiasme dari peserta selama pelatihan berlangsung, tanya jawab dan partisipasi selama simulasi juga menunjukan rasa minat yang tinggi dalam mahasiswa di bidang relawan dan siaga kebencanaan.1-2

Selain memberikan pelatihan pada mahasiswa mengenai Siaga Bencana, hal lainnya dalam kegiatan ini adalah membuka kesempatan pada mahasiswa untuk turut berpartisipasi dalam dunia relawan. Dan menjadi salah satu wadah yang difasilitasi oleh kampus untuk turun serta dalam aksi tanggap siaga bencana.

Kedepannya, kegiatan ini tidak hanya berupa simulasi dan pelatihan. Namun akan langsung ikut terjun ke lapangan dalam berpartisipasi membantu dalam kegiatan relawan bencana. (Isnaeni Mubarokah)1-3

~ dilihat : 115 kali ~